Indeks Saham China Pimpin Kerugian Di Asia, Terjun Hingga 7%

Indeks Saham China Pimpin Kerugian Di Asia, Terjun Hingga 7%

Jum'at, 26 Juni 2015 14:29:29 WIB

Monexnews - Indeks Shanghai Composite melorot ke level terendah sejak 11 Mei, berkinerja paling buruk ditengah kelesuan bursa regional pada hari Jumat.

Mulai memudarnya harapan atas kesepakatan bailout Yunani juga turut membebani sentimen, seiring pertemuan menteri keuangan Eurogroup berakhir dengan cepat dengan tanpa adanya tanda-tanda sebuah kesepakatan di hari Kamis. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan bahwa pertemuan para menteri keuangan zona Euro pada akhir pekan ini akan menjadi krusial untuk menemukan solusi untuk krisis hutang Yunani.

Bursa saham Shanghai mempercepat laju penurunannya di sesi tengah hari pada hari Jumat, memperpanjang aksi jual besar-besaran dari hari Kamis yang didorong oleh meningkatnya tanda-tanda deleveraging dan masih adanya kecemasan atas membanjirnya pendaftaran saham baru. Indeks patokan ditutup turun 3.4% di sesi sebelumnya.

Sementara itu indeks

Nikkei 225 juga mencetak pelemahan moderat walaupun dibanjiri data yang sebagian besar hasilnya optimis pada pembukaan pasar.

Beberapa saham perusahan yang berorientasi ekspor pulih dari aksi jual sebelumnya; dengan saham Honda dan Toyota Motor memangkas kerugian menjadi 0.3% dan 0.1% untuk masing-masing, sementara itu saham Suzuki Motor dan Nissan rebound masing-masing 3%.

Saham perusahaan konstruksi dan peralatan pertambangan, Komatsu, memperpanjang kerugiannya untuk turun hampir 2%.

Sementara itu, kepala eksekutif perusahaan manufaktur kantung udara Takata, memecah keheningannya pada hari Kamis dan meminta maaf setelah berbulan-bulan menghindari sorotan. Saham perusahaan yang membuat kantung udara rusak yang menyebabkan recall terbesar dari perusahaan otomotif global dalam sejarahnya, turun sebesar 0.1%.

Indeks saham Korea Selatan, Kospi mengembalikan kinerja yang mengecewakan pada pembukaan pasar untuk menyentuh level puncak lebih dari 3 pekan, berkat rebound di saham-saham utama.

Saham Samsung Electronics yang melemah pada hari Kamis, menguat sebesar 0.3% hingga sesi tengah hari, sementara saham Hyundai Motor melonjak 2.7%.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search