Indeks Shanghai Merosot Ke Level Terendah Sejak 2009

Indeks Shanghai Merosot Ke Level Terendah Sejak 2009

Selasa, 09 Desember 2014 16:56:49 WIB

Monexnews - Bursa saham China merosot ke level terendah sejak tahun 2009 di tengah volatilias perdagangan yang telah memicu indeks patokan mengalami fluktuatif terbesar dalam lima tahun dan mengirim indeks ke rekornya.

Indeks Shanghai Composite tergelincir sebesar 5.4% menjadi 2,856.27 pada penutupan jam perdagangan, itu adalah yang terbesar sejak Agustus 2009, setelah sebelumnya menguat sebanyak 2.4%. Saham empat lembaga keuangan terbesar di China yang termasuk Industrial & Commercial Bank of China Ltd. merosot lebih dari 9%, sementara itu PetroChina Co., yang merupakan saham terbesar, merosot sebesar 8%. Obligasi bernilai rendah jatuh dan yuan melemah ke level terendah empat bulan setelah para pembuat kebijakan mengatakan obligasi beresiko tidak dapat lebih lama di gunakan sebagai jaminan untuk beberapa pinjaman jangka pendek.

Volatilitas di bursa saham melonjak, dengan indeks Shanghai berfluktuasi lebih dari 250 poin, seiring investor menilai keberlanjutan dari reli telah melampaui semua pasar lain di seluruh dunia selama bulan lalu dan mendorong harga saham ke level paling mahal sejak tahun 2011. Nilai perubahan tangan ekuitas di bursa China daratan mencapai 1.24 triliun yuan ($200 milyar), hampir lima kali lipat dari rata-rata setahun.

"Perubahan kebijakan dalam obligasi adalah penyebab pegerakan terbesar pada pasar hari ini seiring adanya krisis likuiditas di pasar," kata Zhang Gang, analis di China Central Securities Co. di Shanghai. "Investor telah terlalu berspekulasi dan lonjakan yang irrasional telah menghasilkan penurunan yang besar juga. Reli telah berakhir."

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search