Jelang Rilis BoJ, Nikkei Negatif

Jelang Rilis BoJ, Nikkei Negatif

Kamis, 04 April 2013 08:12:29 WIB

Monexnews - Bursa saham Jepang, Nikkei, dibuka melemah hari Kamis ini, terbebani oleh penguatan Yen semalam menjelang keputusan kebijakan yang akan diumumkan BoJ. Indeks bursa saham rata-rata Nikkei anjlok 1.9% ke 12,126.43 di awal perdagangan, dengan indeks Topix yang turun sebanyak 1.5%, saat dollar AS terpuruk ke bawah area angka 93 Yen yang akhirnya berujung pada terpukulnya sektor eksportir. Produsen mobil, yang sebelumnya bergerak reli di sesi sebelumnya, merupakan salah satu yang terpukul dengan kuat: Toyota Motor corp turun 2.3%, Honda Motor Co dan Nissan Motor Co turun 2.6% masing-masing, dan produsen Subaru, Fuji Heavy Industries Ltd merosot 3.5%.

Diantara saham-saham manufaktur lainnya, Sumitomo Chemical Co turun 3.7% dan Toshiba Corp turun 2.6%, walau Mitsubishi Heavy Industries Ltd berhasil menguat sebanyak 1% setelah sebuah laporan Nikkei mengatakan bahwa perusahaan tersebut memenangkan kontrak untuk pembangkit listrik tenaga nuklir bersama dengan Areva SA dari Perancis. Saham Sony Corp turun 2.4% dan saham Olympus Corp turun 4.3%, bahkan saat Dow Jones Newswire melaporkan bahwa dua rencana peluncuran produk kerjasama dua perusahaan tersebut akan dilakukan setelah sebelumnya ditunda beberapa kali. Kejatuhan di bursa saham Tokyo terjadi menjelang rilis keputusan kebijakan pertemuan BoJ dibawah kepemimpinan gubernur BoJ yang dipimpin Haruhiko Kuroda, yang akan dirilis hari ini, dengan pasar yang menantikan adanya langkah pelonggaran kebijakan yang agresif.

(AR)


(AR)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search