Kecemasan Anggaran AS Terus Membayangi Sentimen Eropa

Kecemasan Anggaran AS Terus Membayangi Sentimen Eropa

Kamis, 26 September 2013 17:24:20 WIB

Monexnews - Mayoritas saham Eropa diperdagangkan melemah pada hari Kamis seiring penguatan sektor peritel gagal meredam kecemasan pasar tentang kisruh anggaran AS.

DAX

Jerman dan CAC40 Perancis tergelincir ke teritori negatif, dengan masing-masing kehilangan 0,3% dan 0,45%. FTSE Inggris juga terdepresiasi sekitar 0,15% meskipun data GDP yang baru saja dirilis mengkonfirmasi pertumbuhan ekonomi sebesar 0,7% di kuartal ke-2.

Saham-saham peritel menjadi perburuan investor pada hari kamis menyusul laporan

earnings peritel pakaian, Hennes & Mauritz, yang lebih baik dari ekspektasi untuk kuartal ke-3, dipicu oleh penjualan musim panas yang solid. Namun hasil tersebut tetap tidak mampu mengimbangi sentimen negatif yang tengah membayangi investor di seluruh dunia. Pasar global masih terus dihantui oleh kekhawatiran tentang anggaran AS menjelang voting Kongres AS. Kongres AS harus segera menyepakati aturan pengeluaran jangka pendek baru sebelum 1 Oktober, jika tidak ingin menghadapi resiko kejatuhan pemerintahan.

Selain itu, Kongres AS juga masih dihadapkan pada perdebatan panjang tentang wacana kenaikan plafon hutang federal untuk menghindari

default pada 17 Oktober. Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Ketua House of Representatives, John Boehner, Menteri Keuangan AS Jack Lew mengatakan bahwa perekonomian terbesar dunia bisa kehabisan uang tunai pada tanggal tersebut jika batas pinjaman tidak segera ditingkatkan.

Sementara data zona

Euro lainnya yang dirilis hari ini menunjukkan indeks kepercayaan konsumen Perancis mampu memenuhi harapan. Hasil survey itu dirilis sehari setelah pemerintah mengumumkan rencana anggaran tahun 2014 yang mencakup pemangkasan belanja pemerintah yang tajam, kenaikan pajak yang dapat memukul rumah tangga dan konsumen, sehingga berpotensi merusak pemulihan ekonomi Perancis, menurut sejumlah analis. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search