Kembali Cemaskan Tapering, Pasar Eropa Abaikan Data Positif Jerman

Kembali Cemaskan Tapering, Pasar Eropa Abaikan Data Positif Jerman

Selasa, 19 November 2013 17:13:50 WIB

Monexnews - Sebagian besar saham Eropa diperdagangkan melemah pada hari Selasa seiring kekhawatiran tentang kapan Federal Reserve AS akan memulai tapering program stimulus moneter kembali membebani sentimen investor.

DAX

Jerman dan CAC40 Perancis tergelincir ke zona merah, dengan masing-masing kehilangan 0,35% dan 0,8%. Begitu pula dengan FTSE Inggris, yang terpantau merosot sekitar 0,5% dalam 2 jam pertama perdagangan.

Sentimen negatif kembali menghantui pasar global pada hari Selasa setelah investor besar, Carl

Icahn, menyatakan jika dirinya tengah mewaspadai pergerakan saham. Berbicara dalam sebuah pertemuan investor yang digelar Reuters, Icahn mengatakan bahwa pasar saham tengah menghadapi resiko kejatuhan dikarenakan pendapatan di banyak perusahaan yang lebih didorong oleh rendahnya suku bunga pinjaman, bukan dikarenakan kekuatan manajemen. Mood investor kian menyusut setelah Presiden Fed New York, William Dudley, menyatakan optimismenya terhadap pemulihan ekonomi. Sebuah pernyataan yang biasanya diartikan pelaku pasar sebagai tanda bahwa bank sentral AS semakin dekat dengan pengurangan program stimulus moneter.

Selain itu pelaku pasar juga nampak berhati-hati menjelang pidato Ketua Fed Ben S.

Bernanke di Washington pada hari Selasa, sehari sebelum rilis minutes rapat kebijakan Federal Open Market Committee (FOMC) bulan Oktober.

Dari sisi fundamental, laporan

ZEW yang lebih baik dari perkiraan nampaknya gagal meredam sentiment negatif di pasar. Indeks sentimen ekonomi Jerman dilaporkan meningkat menjadi 54,6 pada bulan November dari 52,8 pada bulan lalu, yang melampaui ekspektasi 54,0 dari para ekonom. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search