Kemerosotan Yen Lambungkan Nikkei

Kemerosotan Yen Lambungkan Nikkei

Kamis, 18 September 2014 16:50:50 WIB

Monexnews - Bursa saham Jepang, Nikkei menguat tajam, mencatat penguatan harian terbesar dalam dua pekan terakhir, dan kini berada pada level tertinggi delapan bulan. Yen yang merosot terhadap dollar pada perdagangan Rabu kemarin dan melanjutkan pelemahan pada perdagangan hari ini memberikan sentimen positif bagi bursa. Pelemahan yen menguntungkan bagi eksportir Jepang dan berimbas pada pergerakan bursa.

Rally Nikkei mengabaikan data neraca perdagangan Jepang yang menunjukkan memburuknya kinerja ekspor. Defisit neraca perdagangan Jepang berkurang dari 964 miliar yen menjadi 948,5 miliar yen untuk bulan Agustus. Namun kinerja ekspor Jepang memburuk dengan mencatatkan penurunan tahunan 1,3% di Agustus, dibandingkan bulan Juli yang mencatat kenaikan 3,9%.

Yen saat ini diperdagangkan di atas level 108.00 per dollar, setelah Federal Reserve AS pada rapat kebijakan moneter kemarin memproyeksikan laju kenaikan suku bunga lebih tinggi dari sebelumnya. Suku bunga diprediksi akan menyentuh 1,375% akhir tahun depan, naik dibandingkan dengan 1,125% pada bulan Juni. Sedangkan untuk akhir tahun 2016, proyeksi dinaikkan menjadi 2,875% dari 2,50%. Selain itu, 14 dari 17 anggota Fed saat ini mengharapkan kenaikan suku bunga akan terjadi tahun depan. Meningkat dari 12 anggota pada bulan Juni.

Indeks utama Nikkei ditutup menguat 178,90 poin atau 1,13% menjadi 16067,57. Sementara Nikkei futures saat ini diperdagangkan pada kisaran 16105 dengan level terendah harian 15925 dan tertinggi 16110. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search