Kisruh Politik Hong Kong Bebani Sentimen Asia

Kisruh Politik Hong Kong Bebani Sentimen Asia

Senin, 29 September 2014 16:56:14 WIB

Monexnews -

Pasar ekuiti Asia mengakhiri perdagangan awal pekan dengan variatif (Senin, 29/9) seiring bursa Hong Kong tumbang akibat eskalasi demonstrasi, sedangkan sinyal atas perlambatan ekonomi China turut membebani sentimen secara keseluruhan.

Aksi demo yang dilakukan oleh kalangan pro-demokrasi dan warga Hong Kong kian intensif di akhir pekan lalu setelah polisi anti huru hara terpaksa menembakkan gas air mata untuk membubarkan aksi yang rusuh tersebut.

Namun, para demonstran justru memblokir jalan hingga hari Senin, sehingga sekolah dan bank di kawasan yang terkena blokade terpaksa tutup.

Bursa Nikkei - Jepang rebound berkat yen diperdagangkan melemah pada kisaran rendah dalam 6 tahun terakhir pada 109.74 per dollar. Sementara sikap minat risiko meningkat setelah ekonomi AS tumbuh pada laju tercepat dalam 2-1/2 tahun di kuartal II.

Namun demikian, penguatan Nikkei akan terbatas sepanjang pekan ini karena investor akan melihat dulu data tenaga kerja AS di hari Jumat sebelum akhirnya menambah posisi mereka. Akhirnya, indeks utama Nikkei berakhir menguat +0.5%.

Sementara pasar Korea Selatan berkeliaran di teritori negatif akibat merosotnya saham-saham berkapital besar mampu mengalahkan laporan ekonomi yang positif. Data current account surplus mengalami kenaikkan ke level tinggi dalam 4 bulan terakhir di bulan Agustus. Indeks KOSPI berakhir di tutup melemah (-0.25%).

Sedangkan indeks Hang Seng juga turut anjlok hingga (-1.9%) di akhir perdagangan hari Senin sekaligus mencatat level terendah dalam 3 bulan terakhir akibat memburuknya kecamuk politik di Hong Kong mengguncang sentimen investor sejak China mengambil alih pengawasan bekas koloni Inggris ini dua dekade lalu.
(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search