Kolaps Bank Terbesar Portugal Picu Resiko Sistemik

Kolaps Bank Terbesar Portugal Picu Resiko Sistemik

Kamis, 10 Juli 2014 18:52:00 WIB

Monexnews -

Sentimen risk aversion bursa saham Eropa dan saham AS berjangka disusul indeks Nikkei dan Hangseng yang tampak hari ini disebabkan oleh kekhawatiran para investor terhadap resiko sistemik sistem perbankan Eropa.

Diawali kolaps nya perusahaan perbankan terbesar

Portugal, Espirito Santo Internaional yang gagal membayar bonds, menyebabkan kejatuhan tajam emiten Espirito Santo Financial Group yang memegang sekitar 25% saham ES International, sejauh ini melemah -16.15% dan memicu eskalasi aksi panik jual para investor.

Kolaps perbankan Portugal ini juga membuka kekhawatiran baru atas sistem perbankan zona Euro yang masih rapuh, meskipun terdapat berbagai upaya kebijakan dari

ECB, namun sektor sovereign bonds korporat tampaknya masih terpuruk, dan menular pada lonjakan yield obligasi Portugal yang naik ke level tertingginya sejak 21 Mei. Selain itu lonjakan yield tampak tidak hanya di Portugal, pasar obligasi Yunani dan Irlandia juga terkena dampak lonjakan, sebaliknya safe haven obligasi Jerman pada tenor 10-tahun justru melorot ke level terendah sepanjang masa di 1.17%.

Kepanikan para investor juga menular pada bursa saham Eropa, khususnya di sektor perbankan, travel dan leisure, sementara saham telekomunikasi masih stabil. Namun bursa saham S&P dan Nikkei turut terkena imbas negatif yang mengalami tekanan jual cukup tajam sepanjang sesi perdagangan Eropa. Sebaliknya safe haven Emas justru diuntungkan dengan kolapsnya bank terbesar Portugal tersebut.

(Sap)


(Sap)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search