Komitmen the Fed Semangati Bursa Asia

Komitmen the Fed Semangati Bursa Asia

Kamis, 21 Maret 2013 12:18:48 WIB

Monexnews - Secara umum bursa Asia mengalami penguatan di perdagangan hari Kamis ini (21/3) berkat tersemangati oleh bursa Wall Street yang ditutup menguat semalam setelah pihak Federal Reserves Amerika Serikat (the Fed) kembali menjaga komitmennya terhadap kebijakan moneter yang sangat akomodatif.

The Fed mengakhiri pertemuan dua hari-nya kemarin dan berjanji untuk menjaga kebijakan stimulus agresif meskipun ekonomi AS terus mengalami pemulihan, hal ini menunjukkan bukti bahwa masih tingginya pengangguran, besarnya fiskal yang keluar dari Washington serta adanya ancaman-ancaman dari luar negeri.

Namun demikian pasar nampak masih cemas dengan ketidakpasatian masalah bailout Cyprus yang belum ada jalan keluarnya, meskipun hari ini kekhawatiran tersebut sudah mereda.

Di lantai bursa Tokyo, Indeks

Nikkei - Jepang rebound lebih dari 1 persen hingga mencatat rekor tertnggi baru di tahun 2013 ini dan langsung bertengger di kisaran tinggi dalam 4 tahun terakhir setelah sesi kemarin tutup berkenaan libur nasional. Sedangkan indeks Kospi Korea Selatan sempat rally di awal perdagangan lantaran hampir semua blue-chips eksportir rebound hari ini setelah kemarin bergerak di kisaran terendahnya dalam satu bulan terakhir. Sementara Indeks bursa Hong Kong Hang Seng nampak bergerak di teritori positif dengan menguat datar di perdagangan hari Kamis ini terutama karena kalangan investor termotivasi oleh Wall Street yang ditutup menguat semalam serta berkat data manufaktur PMI HSBC-China yang di rilis membaik di atas ekspekasi. Angka aktivitas manufaktur PMI (Purchasing Managers' Index) untuk bulan Maret yang di himpun oleh pihak HSBC muncul di level 51.7, meningkat dari angka sebelumnya 50.4 di Februari. Angka di atas level 50 mengindikasi adanya sebuah ekspansi di sektor tersebut.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search