Kondisi Politik Eropa Lemahkan Bursa Asia

Kondisi Politik Eropa Lemahkan Bursa Asia

Selasa, 05 Februari 2013 10:49:00 WIB

Monexnews -Hari ini performa bursa Asia bergerak turun. Kinerja bursa terpengaruh oleh kondisi politik di Eropa yang menahan gain bursa regional. Spanyol tersandung skandal korupsi, terkait bantahan perdana menteri Mariano Rajoy bahwa ia menerima sejumlah dana gelap. Di Italia, mantan perdana menteri Silvio Berlusconi berjanji untuk kembali memberlakukan kebijakan fiskal saat ini jika ia kembali terpilih dalam pemilu mendatang.

Kecemasan atas kondisi sistem perbankan Italia turut membebani. Gejolak yang terjadi di Eropa menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kondisi keuangan global di tahun 2012, dan reli pasar yang terjadi di kuartal akhir sebagian terjadi karena krisis hutang Eropa yang mulai pudar. Kecemasan mengenai kondisi politik di Eropa awal tahun 2013 ini turut melemahkan euro. Euro melamah di perdagangan sesi Asia dan saat ini berada di $1.34891, dibandingkan dengan $1.35140 hari Senin malam di New York, setelah kemarin nilai tukar valuta melemah 0.9%. Dolar AS kembali menguat terhadap yen dan saat ini berada di Y92.41, dibandingkan dengan Y92.38 hari Senin malam setelah sempat melemah 0.5%.

Nikkei mencatat penurunan 1.3%. Diantara perusahaan elektronik terbesar Tokyo, Hitachi Corp. anjlok 6.7% setelah melaporkan penurunan laba kuartal tiga. Fast Retailing, yang berada di belakang peritel pakaian jadi Uniqlo, turun 2.7% setelah melaporkan penurunan penjualan untuk bulan Januari sebesar 5.5%. Sementara saham yang berkinerja positif, diantaranya Japan Airlines yang naik 4.6% setelah perusahaan melaporkan kenaikan target laba dan juga pembayaran dividen. Kospi Korea Selatan turun 0.8%. Indeks Hong Kong, Hang Seng turun 1.6%. China Petroleum & Chemical Corp., yang dikenal dengan Sinopec, turun 7.0% setelah menaikkan penerapan modal sebesar $3.1 miliar. Perusahaan tengah melakukan negoisasi untuk membeli aset senilai $8 miliar dari perusahaan induk. Di China, indeks Shanghai Composite turun 0.6%. Menjelang pengumuman, S&P/ASX 200 Australia turun 0.5%, dengan Macquarie Group turun 3.2%.

(din)


(din)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search