Koreksi, Kebijakan BOJ Kecewakan Investor Nikkei

Koreksi, Kebijakan BOJ Kecewakan Investor Nikkei

Rabu, 23 Januari 2013 09:35:13 WIB

Monexnews - Indeks Nikkei Jepang kembali terkoreksi diperdagangan hari Rabu (23/01) akibat merespon penguatan Yen yang tajam setelah langkah pelonggaran Bank Sentral Jepang (BOJ) yang dirilis kemarin mengecewakan para investor.

Hasil rapat BOJ kemarin menjanjikan untuk menjalankan program buka-tutup pelongaran, dimana sebagian besar pembelian aset tambahan baru ditetapkan untuk tahun depan (2014), sehingga hal itu memicu yen menguat terhadap USD dan Euro. Dan efeknya, sejumlah eksportir kini mengalami pelemahan sehingga indeks utama Nikkei hari ini merosot 1,1% ke area 10,590.04.

Di antara blue-chip eksportir, Sony Corp anjlok hingga 2,1%, Nikon Corp kehilangan 2,4%, Nissan Motor Co terpuruk 2%, dan Mazda Motor Corp tumbang 2,3%. Selain itu saham Toyota Motor Corp menurun 1,3%, meskipun muncul kabar dari laporan berita Nikkei bahwa perusahaan itu telah mendekati kesepakatan dengan BMW AG Jerman untuk lisensi teknologi sel bahan bakar Toyota.

Sementara TDK Corp juga anjlok 2,8% setelah laporan terpisah dari Nikkei memberitakan laba operasioanl perusahaan sepanjang Oktober-Desember mencatat 30% lebih rendah dari level tahun sebelumnya.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search