Kospi Termotivasi Data-data Yang Positif

Kospi Termotivasi Data-data Yang Positif

Jum'at, 06 September 2013 10:47:40 WIB

Monexnews - Indeks bursa Kospi Korsel terpantau rally di perdagangan hari Jumat (6/9) lantaran para investor terinspirasi oleh penguatan Wall Street semalam berkat optimisme setelah rilis data-data ekonomi yang positif.

Semalam bursa AS menguat untuk sesi ke-3 beruntun setelah investor diceriakan oleh data pasar tenaga kerja dan industri jasa Amerika, menjelang data Non-farm Payrolls (NFP) malam nanti. Data semalam menunjukkan jumlah warga Amerika yang mengisi aplikasi tunjangan pengangguran menurun perkiraan.

Sementara data terpisah dari ADP Research Institute menunjukkan sektor swasta telah menyerap 176.000 tenaga kerja sepanjang bulan Agustus. Selain itu data indeks non manufaktur PMI bulan Agustus mencatat kenaikkan ke angka 58.6 dari bulan sebelumnya 56.0.

Kalangan investor di bursa

Seoul juga turut termotivasi oleh data yang di rilis pemerintah kemarin (5/9) yang menunjukkan kuatnya angka pertumbuhan di negeri gingseng. Angka pertumbuhan ekonomi berada di level 1.1% pada kuartal II dan naik 2.3% dibanding kuartal sebelumnya satu tahun lalu (y/y). Data GDP kuartal II tersebut masih sama dengan rilis cepat sebelumnya dan tidak di revisi oleh pemerintah. Dan angka GDP tersebut merupakan pertumbuhan kuartal tercepat sejak 2011 silam.

Di lantai bursa tercatat saham Hyundai Motor rally lebih dari 2 persen setelah ada kesepakatan upah tentatif dengan serikat pekerja, sehingga bisa mengakhiri rangkaian mogok kerja yang telah merongrong raksasa otomotif itu sejak akhir Agustus. Namun produsen memori chip Hynix SK terkoreksi 1.6% setelah kemarin merugi hingga 3% setelah menangguhkan operasionalnya di salah satu pabrik di China.

Indeks utama Kospi terpantau menguat +0.48% dan rally +9.34 poin pada kisaran 1960.99. Sedangkan indeks Kospi fut juga naik +0.59% atau +155 poin pada area harga 256.75.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search