Lihat Prospek Berakhirnya Perang Dagang, Bursa Asia Ditutup Menguat

Lihat Prospek Berakhirnya Perang Dagang, Bursa Asia Ditutup Menguat

Jum'at, 02 November 2018 15:55:20 WIB

Bursa Saham Asia meroket ke level tertinggi tiga minggu pada Jumat, sementara dollar melunak merespons laporan bahwa Presiden AS Donald Trump mengambil langkah untuk menyelesaikan perang perdagangan dengan China yang telah menyebabkan perlambatan ekonomi global dan gejolak di pasar keuangan baru-baru ini.

Trump mengatakan diskusi perdagangan dengan China "berjalan dengan baik" dan mitranya dari Cina Xi Jinping menyatakan harapan memperluas kerja sama perdagangan bilateral. Trump mengatakan dia berencana untuk bertemu dengan Xi pada KTT G-20 mendatang di Buenos Aires, Argentina, bulan ini.

Indeks MSCI terluas dari saham Asia Pasifik di luar Jepang melonjak 2,7 persen untuk mencapai level tertinggi sejak 10 Oktober. Indeks naik 6,4 persen pada pekan ini, di jalur untuk menandai kinerja mingguan terbaiknya dalam tiga tahun.

Kospi Korea Selatan naik 3,5 persen, kenaikan terbesar dalam hampir tujuh tahun, sementara Hang Seng Hong Kong melonjak 3,6 persen.

"Asia adalah yang paling sensitif terhadap perang perdagangan sehingga saham Asia secara alami memiliki paling banyak keuntungan dari prospek kesepakatan perdagangan," kata Makoto Sakuma, peneliti di NLI Research Institute di Tokyo.

Indeks saham Nikkei Jepang naik 2,6 persen lebih tinggi sementara indeks saham berjangka AS S & P500 berjangka e-mini naik 0,7 persen.

Saham Eropa diperkirakan akan menyusul menguat di pembukaan perdagangan akhir pekan ini, dengan indikator memperlihatkan FTSE Inggris naik 0,9 persen sedangkan CAC Perancis dan DAX Jerman, masing-masing naik 1,0 persen.

Bursa Saham China juga melonjak dan yuan menguat. Saham blue-chips Cina naik 3,3 persen, dan papan start-upnya bertambah 4,5 persen, juga didukung oleh janji Presiden Xi pada Kamis tentang lebih banyak dukungan untuk perusahaan swasta.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search