Mayoritas Bursa Asia Ditutup Melemah

Mayoritas Bursa Asia Ditutup Melemah

Kamis, 10 Januari 2019 18:38:33 WIB

Perundingan dagang tiga hari pejabat tingkat menengah AS-China berakhir kemarin, Rabu (9/1), ditandai dengan meredanya ketegangan Washington-Beijing. Pejabat China menggambarkan negosiasi sebagai "luas, mendalam dan terperinci", dan AS mengatakan perundingn berlangsung "sangat baik" dengan mengantungi catatankomitmen China untuk membeli lebih banyak barang pertanian, energi dan produk manufaktur.

Namun gairah investor untuk memburu saham-saham Asia malah meredup. Tak ada penjelasan detil tentang hasil perundingan tersebut, selain janji untuk menggelar perjanjian berikutnya.

Lima hari kenaikan beruntun indeks MSCI Asia Pasifik, pertama sejak awal November, Kamis (10/1) ini terhenti. Indeks Topix Jepang rontok 0,9 persen, sementara Hong Kong, Cina, Taiwan, Korea, dan lainnya bergerak cenderung mendatar, kurang dari 0,2 persen.

Nikkei menurun 1,22 persen, disusul indeks komposit Shanghai terpangkas 0,36 persen dan indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang melemah 0,03 persen.

Hanya Hang Seng yang tetap melanjutkan penguatan di hari keempat dengan mendaki 0,22 persen.

"Optimisme perdagangan yang dibangun selama empat hari perdagangan terakhir mengalami 'koreksi' dan bursa Asia terpukul oleh laporan perdagangan yang mengecewakan," kata Margaret Yang, ahli strategi CMC Markets Singapore Pte.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search