Mayoritas Bursa Asia Melemah Respons  Situasi Perdagangan Global

Mayoritas Bursa Asia Melemah Respons Situasi Perdagangan Global

Senin, 15 Oktober 2018 15:48:30 WIB

Indeks Bursa Saham Asia tergelincir pada penutupan hari Senin karena kekhawatiran atas sengketa perdagangan China-AS, kemungkinan perlambatan ekonomi China dan biaya pinjaman AS yang lebih tinggi akibat agresifitas Fed menaikkan bunga, melemahkan optimisme meskipun ada rebound dalam ekuitas global akhir pekan lalu.

Harga minyak mentah melonjak dan saham Arab Saudi jatuh pada meningkatnya ketegangan diplomatik antara Riyadh dan Barat setelah monarki memperingatkan terhadap ancaman untuk menghukumnya karena hilangnya seorang wartawan yang kritis terhadap kebijakannya.

Nikkei melorot 1,87%, Hang Seng melemah 1.38%, disusul Indeks Komposit Shanghai yang terkoreksi 1.49% dan indeks Shenzen yang merupakan bursa kedua di China daratan melemah 1.18%.

Namun indeks MSCI yang melacak saham-saham di bursa utama Asia, kecual bursa Jepang (MIAPJ0000PUS) malah naik 2,35% setelah sempat turun 0,8 %.

Saham-saham Jepang mengalami tekanan jual dengan saham sektor otomotif mencapai posisi terendah 13 bulan setelah Washington mengatakan akan mencari ketentuan tentang manipulasi mata uang dalam transaksi perdagangan masa depan dengan Jepang.

Guncangan pasar telah disalahkan pada serangkaian faktor, termasuk kekhawatiran tentang dampak perang perdagangan AS-Cina, lonjakan imbal hasil obligasi AS minggu ini dan kehati-hatian menjelang musim laporan laba kuartal ketiga.

Meskipun aksi jual saham telah mereda pada hari Jumat, sebagian setelah pasar merespons data perdagangan China yaitu surplus neraca perdagangan menunjukkan pertumbuhan yang kuat pada bulan September, banyak investor tetap berhati-hati.

Jumlah surplus besar diduga sebagai akibat aksi China melakukan ekspor besar-besaran ke AS sebelum tarif terbaru AS diterapkan atau mengambil momentum ujar Norihiro Fujito, kepala analis investasi di Mitsubishi UFJ Morgan Stanley.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search