Mayoritas Bursa Eropa Menguat Tipis di Tengah Ketidakpastian Geopolitik

Mayoritas Bursa Eropa Menguat Tipis di Tengah Ketidakpastian Geopolitik

Selasa, 27 November 2018 17:09:42 WIB

Saham Eropa dibuka bervariasi pada hari Selasa, di belakang nada yang sedikit positif, namun nada hati-hati terlihat di pasar Asia-Pasifik.

Stoxx 600 pan-Eropa bergerak datar dengan berbagai sektor yang mengambil arah berbeda. Stoxx 600 menguat tipis 0,01 persen atau 0,02 poin ke 358, DAX Jerman menanjak 0,21 persen atau 23 poin ke 11377, disusul CAC 40 Perancis bertambah 0,18 persen atau 8.9 poin ke 5004 namun FTSE London melemah 0,07 persen setara 4,7 poin ke 7031.

Perang perdagangan antara China dan AS tampaknya kembali menghangat, setelah Presiden Donald Trump memberikan pandangannya tentang masalah ini dalam wawancara baru-baru ini dengan Wall Street Journal.

Berbicara kepada media, pemimpin AS ini mengatakan bahwa "sangat tidak mungkin" bahwa Amerika akan menunda kenaikan tingkat tarif pada barang-barang Tiongkok senilai $ 200 miliar, hingga 25 persen dari semula 10 persen. Dia mengatakan bahwa tarif 10 persen hanya untuk laptop dan iPhone yang diimpor dari China.

Komentar Trump datang tepat sebelum pertemuan penting dirinya dengan Presiden China Xi Jinping akhir pekan ini. Para pemimpin dari G-20, termasuk Trump dan Xi Jinping Cina, akan berkumpul di Buenos Aires, Argentina untuk mendiskusikan berbagai topik, pada pertemuan puncak terbaru.

Investor akan mencari berita baru yang keluar dari pertemuan KTT, dengan hubungan perdagangan diperkirakan akan dibahas.

Di tempat lain, pembicaraan seputar perpisahan Inggris dengan Uni Eropa terus dilanda ketidakpastian. Selama akhir pekan, para pemimpin dari Uni Eropa mendukung kesepakatan penarikan Brexit yang ditata oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May, namun, masih ada rintangan di depan untuk diatasi May. Pemimpin Inggris sekarang menghadapi oposisi dari politisi di negara asalnya, dengan Parlemen diharapkan untuk memberikan suara pada kesepakatan dalam dua minggu pada 11 Desember mendatang.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search