Mayoritas Pasar Asia Tertekan di Zona Negatif

Mayoritas Pasar Asia Tertekan di Zona Negatif

Selasa, 05 Agustus 2014 12:24:36 WIB

Monexnews -

Lantai bursa Asia secara umum bergerak di zona negatif pada perdagangan hari Selasa (5/8) menyusul rilis data China yang mengecewakan serta hasil keputusan Bank Sentral Australia yang kembali tetap mempertahankan suku bunga.

Sentimen aksi jual mulai merabak dan merambah ke bursa lainnya di Asia setelah pemerintah China merilis data service-PMI yang merosot ke level rendah dalam 9 tahun terakhir di bulan Juli. Aktivitas non-manufaktur PMI atau sektor jasa (service) yang dikalkulasi oleh HSBC China tercatat merosot tajam ke level 50.0 di bulan Juli dari bulan sebelumnya di angka 53.1. Sedangkan Reserve Bank of Australia (

RBA) di hari Selasa ini kembali mempertahankan suku bunga pada level 2.5% untuk kali ke-12 bulan berturut-turut, sesuai perkiraan.

Dalam pernyataannya, bank sentral tersebut kembali mengingatkan bahwa langkah yang bijak untuk saat ini adalah fase stabilitas suku bunga, mengingat tingkat inflasi masih konsisten dengan targetnya.

Pihak RBA memproyeksikan bahwa hingga tahun depan, pertumbuhan masih akan berada di bawah trend. Namun demikian, pihaknya masih melihat adanya sinyal kemajuan dan perbaikan di sektor tenaga kerja pada tahun ini. Selain itu, aksi jual kian merebak setelah kalangan investor cukup kecewa dengan hasil laporan earnings yang buruk dari sejumlah eksportir kelas dunia. Aksi jual terbesar nampak terjadi di sektor produsen mobil dan otomotif setelah Isuzu Motors Ltd. melaporkan laba kuartal anjlok hingga 23% terutama akibat kecamuk politik di Thailand. Sementara Honda Motors juga melaporkan anjloknya penjualan mobil di China dan Amerika sepanjang kuartal lalu. Berikut posisi terakhir dari sejumlah indeks utama di Asia dan Australia pada sesi siang di hari Selasa. Bursa Tokyo (indeks Nikkei) melemah 0.3%; bursa Hong Kong (Hang Seng Index) terkikis 0.1%; bursa Shanghai (Shanghai Composite Index) tergerus 0.3%; bursa Sydney (S&P/ASX 200) turun 0.4%, dan bursa Seoul Kospi melorot (-0.4%).


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search