Nantikan Perkembangan Yunani, Bursa Eropa Melemah

Nantikan Perkembangan Yunani, Bursa Eropa Melemah

Selasa, 02 Juni 2015 18:03:23 WIB

Monexnews - Yunani yang semakin dekat dengan deadline pembayaran hutang kepada International Monetary Fund (IMF) membebani pergerakan bursa Eropa hari ini, meski beberapa data ekonomi yang dirilis dari benua biru lebih baik dari estimasi.

Yunani harus membayar sebesar 300 juta kepada IMF pada hari Jumat ini, jika gagal mencapai kesepakatan dengan para krediturnya, Yunani akan mengalami default. Pada hari Senin kemarin para pemimpin negara Jerman dan Perancis, beserta institusi yang menjadi kreditur Yunani setuju untuk melakukan pembicaraan yang lebih intensif dalam beberapa hari kedepan.

Sementara itu Eurostat melaporkan indeks harga konsune zona euro bulan Mei (year-on-year) naik 0,3%, dari bulan sebelumnya 0%, dan lebih tinggi dari estimasi ekonom sebesar 0,2%. Naiknya inflasi tersebut dipicu peningkatan biaya energi, serta adanya tanda-tanda peningkatan belanja konsumen. Inflasi di zona eruo tersebut naik untuk pertama kalinya dalam enam bulan terakhir. Data lain menujukkan jumlah pengangguran Jerman berkurang 6.000 orang di bulan April, meski masih dibawah estimasi ekonom sebesar 10.000 orang. Sementara jumlah pengangguran Spanyol berkurang 118.000, lebih baik dari estimasi 115.400 orang. Dari Inggris dilaporkan aktivtas sektor konstruksi Inggris naik menjadi 55,9 di bulan Mei, dari bulan sebelumnya 54,2, dan lebih tinggi dari estimasi ekonom sebesar 55,1. Indeks FTSE Inggris melemah 0,46% menjadi 6921,25, DAX Jerman turun 0,51% menjadi 11377,18, dan CAC Perancis flat pada kisaran 5026,12. (pap/Monex)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search