Nikkei Bergerak Liar, Ditutup Naik 0.9%

Nikkei Bergerak Liar, Ditutup Naik 0.9%

Jum'at, 24 Mei 2013 14:27:18 WIB

Monexnews - Bursa saham Jepang masih bergejolak, hari ini, pada perdagangan pagi Nikkei mencatat penguatan 3%, kemudian merosot tajam dengan kehilangan 3.2%, sebelum akhirnya menutup perdagangan dengan kenaikan 0.9% pada level 14.612, menjadikannya sebuah teka-teki apa yang terjadi pada bursa saham terbesar di Asia ini.

Beberapa analis mengatakan merosotnya Nikkei terjadi akibat penguatan yen pasca komentar Gubernur BOJ, Haruhiko Kuroda, menanggapi kecemasan investor akan lonjakan biaya pinjaman obligasi pemerintah Jepang yang mencapai 1%. BOJ kemarin melakukan pembelian obligasi pemerintah demi meredam kecemasan para investor. Kuroda mengatakan BOJ akan menjalankan operasional secara fleksibel dan melakukan komunikasi yang intensif demi mengatasi gejolak pasar obligasi. Kuroda juga mengharapkan investor agar tenang menghadapi kenaikan yang terjadi kemarin. Namun investor kurang begitu terkesan dengan komentar Kuroda, menyebabkan Nikkei kembali anjlok 3.2% sementara yen kini menyentuh level 101.40 yen per dolar.

Analis lain mengatakan kinerja Nikkei bukan tidak biasa, merupakan bagian dari koreksi, dimana Nikkei telah rally sejak pertengahan November akibat kebijakan pemerintah Jepang untuk menghidupkan perekonomian. Selain itu kemerosotan Nikkei juga terjadi akibat aksi profit taking para investor. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search