Nikkei Diperdagangkan Lebih Rendah Jelang FOMC

Nikkei Diperdagangkan Lebih Rendah Jelang FOMC

Selasa, 18 Desember 2018 11:04:25 WIB

Bursa Saham Tokyo dibuka lebih rendah pada hari Selasa, memperpanjang kerugian di Wall Street semalam, karena investor melihat ke depan untuk pertemuan bank sentral AS dan Jepang. Indikasi melambatnya aktivitas ekonomi global yang terlihat dari data melambatnya pertumbuhan penjualan ritel di China yang dirilis akhir pekan meluas ke AS dimana indeks manufaktur menunjukkan angka hanya setengah dari bulan sebelumnya.

Indeks acuan Nikkei 225 turun 1,64 persen atau 352 poin pada 21.152,12 pada saat penulisan, sementara indeks Topix yang lebih luas turun 1,71 persen atau 27,19 poin pada 1.567.01.

Presiden Donald Trump kembali melontarkan ketidaksukaannya terhadap rencana Federal Reserve menaikkan bunga di pertemuan FOMC Selasa dan Rabu ini. Pernyataan Trump direspons dengan aksi jual saham karena dianggap sebagai intervensi terhadap independensi The Fed.

Pelaku pasar di Wall Street telah mengkhawatirkan suku bunga yang lebih tinggi pada FOMC pekan ini tetapi analis fokus pada komentar dari Jeffrey Gundlach, pendiri dana investasi utama,setelah dia mengatakan kemungkinan saham telah berada di fase bearish karena telah turun 20 persen dari level puncak terakhir.

Quincy Krosby dari Prudential Financial juga mengatakan kepada AFP bahwa S & P 500 mendekati level teknis kunci yang dapat memicu penjualan otomatis.

Data ekonomi yang dirilis Senin pagi menambah kekhawatiran pertumbuhan: survei aktivitas manufaktur di wilayah New York menunjukkan penurunan yang tak terduga. Indeks aktivitas manufaktur di New York di Desember hanya 10.9, jauh dari estimasi 20.1 dan juga November di 23.3.

Sementara indeks sentimen di kalangan pengembang properti juga turun tajam dimana selama Desember ini menunjukkan penurunan menjadi 56 dari bulan sebelumnya di angka 60, dan prediksi di angka 61.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search