Nikkei Ditutup di Level Terendah 4 Pekan

Nikkei Ditutup di Level Terendah 4 Pekan

Senin, 15 Desember 2014 13:38:42 WIB

Monexnews - Bursa saham Jepang, Nikkei, mengawali pekan ini dengan melemah dan berakhir di level terendah 4 pekan, berbagai sentimen negatif mewarnai pergerakan bursa pada hari ini. Anjloknya harga minyak memberikan kekhawatiran akan pelambatan ekonomi global.

Data indeks manufaktur Tankan pada kuartal ke-empat dirilis sebesar 12, lebih rendah dari kuartal sebelumnya 13 dan estimasi ekonom yang memperkirakan tidak berubah sebesar 13. Sementara indeks non-manufaktur Tankan menunjukkan kenaikan menjadi 16 dair sebelumnya 13, dan lebih tinggi dari perkiraan ekonom sebesar 14.

Kemenangan partai pendukung Perdana Menteri, Shinzo Abe, pada pemilihan umum sela majelis parlemen rendah pada hari Minggu lalu gagal memberikan sentimen posifit bagi investor. Kemenangan tersebut telah diprediksi oleh banyak pihak, partai koalisi pendukung Abe memenangkan 325 dari 475 kursi.

Sementara itu kekhawatiran akan melambatnya ekonomi China kembali meningkat setelah Kepala ekonom pusat penelitian People's Bank of China, Ma Jun, memperkirakan ekonomi China akan melembat menjadi 7,1% pada tahun depan akibat berlanjutnya pelambatan investasi di sektor real estate.

Pelemahan Nikkei di awal pekan ini mengikuti pelemahan Wall Street yang pada pekan lalu mencatat minggu terburuk di sepanjang tahun ini. Indeks utama Nikkei ditutup anjlok 1,6% menjadi 17099,40. Sementara Nikkei Futures diperdagangkan pada kisaran 17000 dengan level tertinggi harian 17250 dan terendah 16975 (

platform Monex Trader). (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search