Nikkei Ditutup Lebih Rendah di Hari Pertama Perdagangan Tahun 2019

Nikkei Ditutup Lebih Rendah di Hari Pertama Perdagangan Tahun 2019

Jum'at, 04 Januari 2019 15:16:49 WIB

Indeks Nikkei 225 Jepang ditutup turun 2,26 persen menjadi 19.561,96 sementara indeks Topix turun 1,53 persen untuk berakhir di 1.471,16 pada perdagangan pertama di tahun baru ini, Jumat (4/1/2019), setelah libur sejak tanggal 1 Januari 2019.1.4

Pelaku pasar memulai perdagangan dengan melihat menguatnya yen sangat signfikan karena sentimen safe haven. Pelaku pasar dibayangi kekhawatiran tanda-tanda perlambatan ekonomi makin parah, ditandai dengan penurunan proyeksi penjualan Apple selama kuartal terakhir tahun lalu.

Yen yang kuat merupakan kabar buruk bagi perusahaan-perusahaan Jepang yang mayoritas merupakan eksportir seiring pasar dalam negeri yang menua karena harga produk akan lebih mahal saat jatuh ke tangan konsumen luar negeri.

Sebagian besar sektor mengalami penurunan dengan saham konglomerat Jepang Softbank turun 2,89 persen dan Fast Retailing, perusahaan di belakang rantai toko pakaian Uniqlo, turun 5,45 persen. Saham-saham di Jepang ditutup pada hari Rabu dan Kamis untuk hari libur.

Di awal perdagangan, Nikkei 225 Jepang sudah turun 3,27 persen sementara indeks Topix turun 2,3 persen, dengan hampir semua sektor mengalami penurunan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search