Nikkei Ditutup Melemah di Tengah Penguatan Yen

Nikkei Ditutup Melemah di Tengah Penguatan Yen

Rabu, 19 Desember 2018 16:40:13 WIB

Indeks Nikkei Jepang ditutup melemah seiring prospek kenaikan bunga Federal Reserve tahun depan yang tidak seagresif di tahun ini.

Nikkei 225 tergelincir 0,60 persen, atau 127,53 poin, berakhir pada 20,987.92, sementara indeks Topix yang lebih luas turun 0,41 persen, atau 6,36 poin, pada 1,556.15.

"Indeks Nikkei tergelincir lagi karena investor berada dalam sikap menunggu kebijakan Fed yang bisa dibaca pada konferensi pers usai pertemuan FOMC (pertemuan Federal Reserve) nanti malam dan yen menguat," Okasan Online Securities mengatakan dalam sebuah catatan.

Para ekonom memprediksi Fed akan sangat berhati-hati menaikkan bunga di tahun depan sehingga pelaku pasar beralih ke safe haven yen. Penguatan yen negatif bagi eksportir Jepang karena membuat produk mereka kurang kompetitif di luar negeri dan mengikis nilai laba saat dipulangkan atau repatriasi.

Selain itu jatuhnya harga saham divisi mobile SoftBank saat debut di bursa Tokyo menjadi katalis aksi jual.

Saham di unit mobile SoftBank diperdagangkan di bawah harga IPO pada hari Rabu dalam debut mengecewakan di pasar saham Tokyo untuk raksasa telekomunikasi Jepang.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search