Nikkei Ditutup Menguat di Akhir Pekan Seiring Yen Melemah

Nikkei Ditutup Menguat di Akhir Pekan Seiring Yen Melemah

Jum'at, 12 Oktober 2018 16:03:36 WIB

Bursa Saham Tokyo naik dan ditutup menguat di akhir pekan setelah investor memburu saham-saham yang telah terdiskon murah di hari sebelumnya akibat kekhawatiran ekonomi AS yang terus menguat akan meningkatkan kebijakan ketat Federal Reserve.

Indeks acuan Nikkei 225, yang jatuh hampir 4% pada Kamis, berbalik naik 0,46 % atau 103,80 poin menjadi ditutup pada 22.694,66. Selama seminggu, Nikkei turun 4,58 %. Indeks Topix yang lebih luas naik tipis 0,03 % atau 0,59 poin di level 1.702.45. Indeks Topix turun sebanyak 5,03 % dari minggu sebelumnya.

Sebenarnya, bursa saham Tokyo dibuka lebih rendah setelah saham AS jatuh untuk sesi kedua berturut-turut pada Kamis malam.
Penurunan kembali indeks di Wall Street terjadi dipicu kecaman berulang dari Presiden Donald Trump terhadap Federal Reserve yang dianggap gemar menaikkan suku bunga, memicu kekhawatiran bahwa independensi bank sentral AS terancam kekuasaan politik.

Tapi kemudian indeks saham Tokyo rebound ke wilayah positif dalam perdagangan sore karena penurunan yen mendorong investor untuk membeli kembali saham, yang menghadapi tekanan jual ekstra hari sebelumnya, kata analis teknis senior Daiwa Securities, Hikaru Sato.

"Yen yang lemah membantu investor mendapatkan kembali sentimen pembelian menyusul aksi jual mereka kemarin," kata Sato kepada AFP.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search