Nikkei Ditutup Menguat Ditopang Berita Baik Geopolitik

Nikkei Ditutup Menguat Ditopang Berita Baik Geopolitik

Rabu, 14 November 2018 15:48:50 WIB

Bursa saham Tokyo ditutup menguat pada perdagangan Rabu (14/11/2018), setelah terkoreksi tajam sehari sebelumnya karena rencana pembicaraan perdagangan AS-China dan pengumuman Inggris tentang disepakatinya draft Brexit dengan Uni Eropa.

Indeks Nikkei naik tipis 0,16% atau bertambah 35,96 poin menjadi 21.846,48, sementara indeks Topix yang lebih luas naik 0,17% atau 2,81 poin pada 1.641,26.

Bursa saham Tokyo sempat mengekor bursa China yang melemah setelah data penjualan retail di China selama Oktober menunjukkan perlambatan dimana hanya tumbuh 8,6 persen, lebih rendah dari prediksi dan juga September yang sama-sama 9,2 persen.

Namun berita telah disepakatinya draft perjanjian Brexit antara Inggris dengan Uni Eropa menjadi penopang indeks karena masa depan Inggris pasca-Brexit telah mendapat titik terang.

Investor juga digembirakan oleh berita bahwa Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan membahas memburuknya hubungan perdagangan di sela-sela KTT Kelompok 20 pada akhir bulan ini.

"Skenario terburuk adalah bahwa kedua negara tidak akan berbicara, jadi pembicaraan mereka bukan berita buruk meski masih terlalu dini untuk memprediksi hasil pembicaraan," kata Makoto Sengoku, analis pasar di Tokai Tokyo Research Institute.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search