Nikkei Ditutup Menguat Merespons Batalnya Tarif Impor pada Meksiko

Nikkei Ditutup Menguat Merespons Batalnya Tarif Impor pada Meksiko

Senin, 10 Juni 2019 16:05:24 WIB

Indek Saham di Bursa Tokyo melonjak pada hari Senin, merespons batalnya pengenaan tarif AS pada barang asal Meksiko yang rencananya diterapkan mulai hari ini.

Faktor utama penopang penguatan adalah batalnya rencana Presiden Trump mengenakan tarif pada barang asal negara tetangganya. Sebelumnya, Trump menganggap Meksiko tidak serius membendung arus imigrasi dari negara-negara Amerika Tengah yang melintasi Meksiko untuk menyebrang ke AS. Sebelumnya, AS juga sudah berkonflik sengit dengan China dengan menambah beban tarif pada barang China senilai US200 miliar.

Nikkei juga mengikuti reli di Wall Street pada akhir pekan lalu setelah laporan pekerjaan AS yang lemah mendukung harapan bahwa Federal Reserve akan segera memangkas suku bunga.

Akhir pekan lalu pasar ekuitas global malah menyambut positif jumlah tenaga kerja baru yang terserap di sektor non pertanian (NFP) AS. Selama Mei lalu jumlah akun pengupahan yang bertambah di perusahaan sektor non pertanian hanya bertambah 75 ribu, di bawah ekspektasi pasar di angka 177 ribu, dan juga penambahan sebanyak 224 ribu di April.

Angka lebih rendah ini diperkirakan akan mendorong bank sentral AS The Fed untuk memangkas bunga dengan harapan pinjaman lebih murah akan meningkatkan produksi di sektor industri.

Indeks acuan Nikkei 225 naik 1,20 persen, atau 249,71 poin, menjadi ditutup pada 21.134,42, sedangkan indeks Topix yang lebih luas naik 1,34 persen, atau 20,55 poin, pada 1.552,94.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search