Nikkei: Eksportir Tampil Prima, Yen Tergerus ke 116

Nikkei: Eksportir Tampil Prima, Yen Tergerus ke 116

Rabu, 12 November 2014 12:11:23 WIB

Monexnews -

Indeks Nikkei - Jepang tampil prima dengan rally lebih dari 1 persen di perdagangan hari Rabu (12/11) setelah sesi Selasa kemarin mencatat level penutupan di atas 17000 untuk kai pertama dalam 7 tahun terakhir.

Penguatan Nikkei hari ini terutama berkat terangkat oleh saham-aham berbasis ekportir yang rally seiring kurs yen melemah hingga ke level 116 verus dollar.

Pelemahan yen mulai terpacu setelah pemerintah Jepang melalui Bank of Japan teridentifikasi menggelontorkan stimulus dengan membeli sejumlah aset berbasis reksa dana dalam bentuk exchange-traded funds (ETF) hingga senilai 38 milyar pada hari Senin lalu.

Selain itu, PM Abe juga di isukan akan mempercepat pemilu parlemen untuk mendapatkan dukungan terhadap kebijakan-kebijakan baru yang akan dirilisnya.

Adapun kebijakan yang diusungnya tersebut antaran lain seperti menghidupkan kembali reaktor nuklir dan memuluskan undang-undang yang mengijinkan tentara Jepang berpartisipasi dalam pertempuran di luar negeri bergabung dengan pasukan dari negara lainnya.

Di lantai bursa Tokyo tercatat saham-saham berbasis eksportir berjingkrak seperti saham Nissan Motor Co., rebound 1.9%, Toyota Motor Corp. rally 1.8%, dan Honda Motor Co., melesat 1.5%. Sedangkan saham Sharp Corp. melejit hingga 2.4%, saham produsen komponen elektronik TDK Corporation melonjak 2.1%, dan saham kamera Olympus Corp. menguat 1.8%.

Pada sesi siang, indeks Nikkei terpantau rally +1.64% dan nerhasi meraup gain hingga +281.30 poin pada kisaran 17405.41. Sedangkan kurs yen di transaksikan pada kisaran 115.60 setelah tergerus hingga 116.00 versus dollar.
(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search