Nikkei ke Puncak Tertinggi 27 Tahun Dipicu Melemahnya Yen

Nikkei ke Puncak Tertinggi 27 Tahun Dipicu Melemahnya Yen

Senin, 01 Oktober 2018 16:54:54 WIB

Indeks Nikkei naik ke puncak tertinggi 27 tahun pada penutupan perdagangan hari Senin, didorong oleh yen yang lemah dan terobosan dalam pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan Kanada.

Indeks Nikkei 225 naik 0,52 persen atau 125,72 poin menjadi ditutup pada 24.245,76 - tertinggi sejak November 1991 ketika Jepang Inc menutup bab terakhir bubble economy Jepang. Sementara indeks Topix naik tipis 0,04 persen atau 0,71 poin menjadi 1,817.96.

Toshikazu Horiuchi, analis broker IwaiCosmo Securities menyebutkan pencapaian ini bersifat simbolik karena tampaknya Nikkei akan tertahan untuk kenaikan lebih lanjut.

Kenaikan didorong sebagian oleh penguatan dollar tehadap yen menjadi 113,95 yen dalam perdagangan sore, dari 113,67 yen pada akhir Jumat di New York. Pelemahan yen akan positif bagi prospek ekspor Jepang.

Selain itu terobosan dalam renegosiasi kesepakatan perdagangan antara Kanada dan AS juga mendorong pasar.

Sumber yang memiliki pengetahuan langsung tentang perundingan menegaskan bahwa kedua negara mencapai kesepakatan, dimana Kanada setuju membuka keran impor lebih besar ke produk susu asal AS sementara ekspor mobil Kanada ke AS juga dipermudah.

Dengan demikian Meksiko, AS dan Kanada akan bersatu kembali dalam NAFTA karena sebelumnya AS dan Meksiko telah menyetujui pembaharuan kesepakatan perdagangan kedua negara.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search