Nikkei Menguat ke Level Tertinggi 8 Bulan di Tengah Negosiasi AS-Jepang

Nikkei Menguat ke Level Tertinggi 8 Bulan di Tengah Negosiasi AS-Jepang

Jum'at, 28 September 2018 15:04:22 WIB

Indeks acuan Nikkei Tokyo melonjak lebih dari 1,3 persen ke level tertinggi delapan bulan pada penutupan perdagangan akhir pekan, Jumat (28/9/2018). Yen yang melemah sejak Kamis karena aksi beli dollar sebagai akibat kenaikan bunga Federal Reserve yang ketiga kalinya menopang indeks.

Pelaku pasar berkurang kekhawatirannya atas tekanan perdagangan AS pada Jepang seiring mulainya pembicaraan antara PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden AS Donald Trump yang bernada positif bagi Jepang.

Indeks Nikkei 225 naik 1,36 persen atau 323,30 poin menjadi ditutup pada 24.120,04, mendekati tertinggi 27 tahun. Selama seminggu, naik 1,05 persen.

Indeks Topix yang cakupannya lebih luas naik 0,95 persen atau 17,14 poin ke level 1,817.25. Ini berarti ada kenaikan 0,73 persen selama seminggu.

"Faktor perdagangan yang positif, termasuk yen yang lemah, mendominasi pasar," kata Toshikazu Horiuchi, broker di IwaiCosmo Securities.

Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan kesepakatan untuk memulai negosiasi pada kesepakatan perdagangan pada Rabu lalu di New York, di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB.

Abe mengatakan kepada wartawan bahwa kedua pemimpin telah sepakat untuk "menahan diri" untuk mengubah kesepakatan mereka, "yang berarti AS tidak akan memaksakan" tarif tambahan pada mobil buatan Jepang.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search