Nikkei Tak Goyah Meski GDP, Neraca Defisit Buruk

Nikkei Tak Goyah Meski GDP, Neraca Defisit Buruk

Senin, 09 Desember 2013 12:18:03 WIB

Monexnews - Hingga sesi siang di perdagangan awal pekan (09/12) indeks Nikkei Jepang terus rally dan memimpin sesi perdagangan Asia terutama berkat kurs yen kembali melemah hingga ke atas level 103 terhadap dollar AS. Selain itu, serangkaikan data ekonomi yang apik yang di rilis dari dua negara adi daya juga turut mendongkrak sentimen pasar.

Hari ini kurs yen tergerus ke kisaran 102.98 setelah terpuruk hingga 103.21 terhadap dollar AS (

USD). Level tersebut lebih lemah bila dibandingkan pada sesi penutupan hari Jumat yang berakhir pada level 102.89 dengan titik terlemahnya pada 102.96. Rally Nikkei bahkan tidak menggubris rilisan data-data ekonomi Jepang yang muncul mengecewakan pasar.

Data current account mengalami defisit di bulan Oktober lalu, dan mencapai defisit hingga 127.9 miliar yen. Angka itu anjlok dari periode sebelumnya tahun lalu yang masih surplus sebesar +587.3 miliar yen. Merosotnya data tersebut terutama akibat tajamnya defisit yang terjadi pada sektor barang-barang dan jasa sehingga hal itu menguras kuatnya pendapatan dari investasi luar negeri. Sedangkan angka pertumbuhan ekonomi

Jepang kuartal III, tercatat melambat dari estimasi pertama sebelumnya terutama akibat investasi di sektor swasta mengalami stagnasi. GDP kuartal ke-3 Jepang tumbuh sebesar 1,1% y/y, menurun jauh dibanding dengan estimasi awal sebesar 1,9%. Sementara GDP untuk q/q tercatat tumbuh 0.3%, dan menurun dari estimasi sebelumnya 0.5%.

Di lantai bursa, pelemahan yen berhasil memicu saham-saham berbasis keuangan dan perbankan rally. Tercatat saham seperti SoftBank, Fanuc dan Fast Retailing masing-masing menguat sekiar 2 persen. Selain itu, saham Mazda Motor melonjak hingga 3% dan saham Yahoo Japan melejit bahkan hingga 6% di bursa Tokyo. Sementara indeks Nikkei (N225) rebound hingga 1.97% dan meraih gain 302.03 poin pada area 15601.89. Dan indeks Nikkei di bursa berjangka juga tercatat rally hingga 2.06% atau terbang hingga +315 poin pada kisaran area 15605.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search