Nikkei Tumbang Oleh Data Domestik & Wall St

Nikkei Tumbang Oleh Data Domestik & Wall St

Kamis, 31 Januari 2013 11:00:10 WIB

Monexnews - Diperdagangan hari Kamis (31/01) indeks Nikkei-Jepang mengalami koreksi namun masih berada di atas level 11,000 karena terseret turun oleh anjloknya bursa saham Wall Street serta akibat data industri Jepang yang muncul meleset dari estimasi.

Tumbangnya bursa saham Wall Street terjadi setelah angka pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) atau GDP kuartal-4 anjlok di bawah estimasi perkiraan. Angka GDP kuartal-4 AS muncul di angka -0.1%, merosot jauh dari kuartal sebelumnya di level 3.1 dan di bawah perkiraan sebesar 1.2%.

Sedangkan data industrial productions Jepang melonjak hingga 2.5% di bulan Desember bila dibanding dengan bulan sebelumnya -1.4%. Namun angka tersebut masih jauh di bawah estimasi ekonom sebesar 4.5%. Dan meskipun Nikkei tercatat di angka negatif, beberapa saham eksportir masih menunjukkan performanya. Tercatat Nissan Motor Co menguat 0.6%, sementara Canon Inc. juga merangkak naik 0.6% setelah melaporkan keuntungan kuartal-4 menurun tipis namun memprediksi akan meraup gain di tahun 2013, berkat pelemahan yen. Sektor perbankan juga ikut menguat seperti Sumitomo Mitsui Financial Group Inc. yang melonjak 4.4% setelah mencatat kenaikkan laba hingga 34% sepanjang April-Desembert, sedangkan Mitsubishi UFJ Financial Group Inc. melejit 1.2%, dan Mizuho Financial Group Inc. menguat 0.6%. Indeks Nikkei terpantau melorot -0.87% atau -97.23 poin di kisaran 11015.58, sementara Nikkei kotrak berjangka turut merosot hingga 100 poin di area 11015.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search