Pasar Asia Berduka Atas Jatuhnya Pesawat Malaysia

Pasar Asia Berduka Atas Jatuhnya Pesawat Malaysia

Jum'at, 18 Juli 2014 10:22:24 WIB

Monexnews -

Hampir sebagian besar lantai bursa di Asia mengalami koreksi di akhir pekan (18/7) akibat aksi jual panik di tengah duka yang mendalam atas jatuhnya pesawat berpenumpang milik maskapai penerbangan Malaysia (MH-17) pada hari Kamis kemarin.

Pesawat berjenis Boeing 777 tersebut jatuh di perbatasan antara Ukraina dan Rusia dan merupakan wilayah yang disengketakan hingga saat ini. MH-17 tersebut membawa 280 penumpang beserta awaknya sebanyak 15 orang. Dan hingga saat ini belum ada yang betanggung jawab atas jatuhnya pesawat itu yang di duga keras akibat tembakan rudal atau misil.

Di Malaysia, indeks acuan utama Kuala Lumpur (KLCI) merosot hingga 0.6% dan nilai tukar ringgit melemah 0.4%. Sedangkan saham Malaysia Airlines anjlok 9% setelah sempat terpuruk hingga 15%.

Di lantai bursa Hang Seng, saham maskapai China milik negara terbesar juga turut mengalami aksi jual hebat. Setidaknya saham China Eastern Airlines Corp. tumbang 2%, saham Air China Ltd. merosot 1.3%, dan saham China Southern Airlines Co. anjlok 1.2%.

Aksi jual para investor juga diakibatkan oleh sentimen negatif karena merebaknya lagi kekhawatiran terhadap risiko geopolitik setelah Israel mengirimkan pasukan daratnya ke jalur Gaza. Aksi Israel tersebut langsung mengundang kecaman keras dari berbagai pihak karena beberapa hari sebelumnya kedua belah pihak telah sepakat untuk gencatan senjata.

Tercatat indeks utama Nikkei terkoreksi tajam hingga (-1.09%), indeks utama Hang Seng (-0.53%) dan indeks KOSPI (-0.34%) termasuk indeks JKSE-Jakarta yang tergerus (-0.21%).

(DaruWibisono)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search