Pasar Asia Melempem Meski Muncul Katalis Positif

Pasar Asia Melempem Meski Muncul Katalis Positif

Rabu, 27 Agustus 2014 09:36:19 WIB

Monexnews -

Sejumlah lantai bursa Asia secara umum masih bergerak lesu dengan mencatat penguatan tipis diperdagangan tengah pekan (Rabu, 27/08) lantaran kalangan investor masih enggan memperluas posisinya meskipun muncul sejumlah katalis positif dari Wall Street serta kabar baik dari jalur Gaza.

Dari pasar Amerika Serikat (AS), rally Wall Street semalam terutama tertopang oleh indeks S&P 500 yang mencatat harga penutupan di atas level 2.000 untuk kali pertama dalam sejarah.

Optimisme investor di bursa negeri Paman Sam tersebut meningkat setelah data-data yang muncul semalam memberikan prospek yang cerah bagi perekonomian.

Tingkat kepercayaan konsumen AS mencatat level tertinggi sejak 2007 silam pada bulan Agustus. Sedangkan pesanan barang tahan lama (durable goods order) mencatat kenaikan terbesar di bulan Juli.

Sementara kabar baik datang dari Gaza dimana Israel dan Palestina akhirnya menyetujui kesepakatan gencatan senjata tanpa batas waktu seraya kedua belah pihak berupaya mencapai solusi jangka panjang atas konflik di jalur Gaza.

Kesepakatan tersebut termasuk pelonggaran akses perbatasan antara Gaza dengan Israel dan Mesir serta perluasan zona penangkapan ikan bagi nelayan penduduk Gaza.

Untuk prospek bilateral kedepan, Israel dan Palestina akan membahas rencana pembangunan pelabuhan laut Gaza dan pelepasan tahanan Hamas oleh Israel, serta penyerahan 2 jenazah tentara Israel yang ditahan Hamas.

Di Asia, tercatat indeks utama Nikkei-Jepang dan Hang Seng-Hong Kong masing-masing bergerak tertekan pada kisaran negatif. Sedangkan indeks utama KOSPI (KS11) - Korea Selatan melesat berkat antusiasme pasar setelah data tingkat kepercayaan konsumen meneguhkan berlanjutnya momentum pertumbuhan perekonomian di negeri gingseng tersebut.

Indeks sentimen konsumen mencatat angka 107 di Agustus, naik dari publikasi di bulan Juli pada level 105. Kalangan konsumen nampak lebih optimis terutama setelah Bank of Korea melonggarkan kebijakan moneternya ditambah gelontoran stimulus fiskal yang bertujuan untuk memacu aktivitas perekonomian.

Indeks KOSPI tercatat rally +0.45%, sementara indeks Nikkei menguat tipis +0.03% dan indeks Hang Seng juga mencatat kenaikkan +0.02%.


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search