Pasar Asia Mengalami Koreksi di Awal Pekan

Pasar Asia Mengalami Koreksi di Awal Pekan

Senin, 22 September 2014 09:07:00 WIB

Monexnews -

Setelah sepanjang pekan lalu fokus investor tersita ke Federal Reserve, voting kemerdekaan Skotlandia dan IPO terbesar dalam sejarah AS, minggu ini kalangan investor di Asia hanya akan memiliki sedikit katalis sebagai petunjuk pasar. Kondisi ini terlihat dari koreksi sejumlah bursa utama Asia di awal pekan ini.

Bursa Tokyo - Jepang mengalami penurunan akibat profit taking dari sejumlah investor setelah indeks Nikkei mencapai level tertinggi dalam 7 tahun terakhir yang tercatat di hari Jumat lalu.

Sedangkan kurs valuta yen hari ini masih bertengger di kisaran 109 terhadap dollar dan merupakan level terendahnya dalam 6 tahun terakhir.

Sementara indeks KOSPI - Korea Selatan terpantau merosot lebih dari 1 persen di perdagangan awal pekan ini akibat aksi jual mewarnai saham-saham blue-chips di bursa Seoul.

Aksi jual tersebut terjadi lantaran merebaknya pesimisme di kalangan investor menyusul buruknya rilis data-data ekonomi domestik belakangan ini. Di hari Jumat lalu, pemerintah merilis data tingkat harga produsen tahunan (PPI y/y) merosot di bulan Agustus setelah mencatat kenaikkan di bulan Juni dan Juli.

Indeks bursa Hong Kong juga turut mengalami koreksi lantaran terseret oleh penurunan di bursa Shanghai menjelang rilis aktivitas manufaktur China - HSBC yang akan rilis hari Selasa besok yang dikhawatirkan akan kembali melambat.

Data tersebut muncul di tengah meningkatnya kecemasan terhadap fase koreksi di sektor perumahan China sekaligus akan mempercepat desakan bagi Beijing untuk menambah langkah tindakan demi mendongkrak aktivitas perekonomian.

Hingga sekitar pukul 0900 WIB, indeks Nikkei (N225) tercatat melemah (-0.63%), indeks KOSPI tergerus hingga (-0.91%), dan indeks Hang Seng terpantau anjlok hingga (-1.04%) di awal perdagangan.
(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search