Pasar Asia Terkoreksi di Akhir Pekan, Menyoal Argentina

Pasar Asia Terkoreksi di Akhir Pekan, Menyoal Argentina

Jum'at, 01 Agustus 2014 12:16:53 WIB

Monexnews -

Lantai bursa regional Asia secara umum melemah di perdagangan akhir pekan (Jumat, 01/08) akibat mayoritas sikap para investor terseret oleh sentimen di pasar Amerika Serikat (AS) yang mengalami kemerosotan pada hari Kamis kemarin.

Indeks bursa Dow Jones tercatat merosot hingga lebih dari 300 poin sekaligus menjadi penurunan harian terbesar dalam enam bulan terakhir. Keterpurukan pasar negeri Paman Sam terutama akibat aksi sell-off investor yang dipengaruhi oleh laporan earnings, masalah ekonomi Eropa, dan default-Argentina.

Kalangan pelaku pasar sendiri mengakui memang tidak ada faktor tunggal yang menyebabkan terpuruknya pasar hari ini lantaran secara global masih di hantui oleh masalah geopolitik di Gaza dan konflik Ukraina.

Namun demikian faktor utamanya adalah kabar mengenai gagalnya Menteri Ekonomi Argentina Axel Kicillof untuk mencapai kesepakatan dengan para kreditur atau pemegang surat utang, sehingga hal itu membawa negara Argentina pada kondisi default untuk kali kedua selama 13 tahun terakhir.

Sementara pasar juga mengkhawatirkan masalah ekonomi di AS setelah pihak departemen tenaga kerja AS melaporkan angka klaim pengangguran mingguan (rilis Kamis) yang naik sebesar 23.000 dari angka sebelumnya 279.000 menjadi total pengangguran kini sebesar 302.000 selama satu minggu lalu.

Berikut ini merupakan catatan posisi perdagangan terakhir dari sejumlah bursa utama di Asia hingga sekitar pukul 12.10 WIB. Indeks Nikkei (-0.64%); indeks Hang Seng Index (-0.56%); Shanghai (Shanghai Composite Index) (+0.1%); Seoul - Kospi (-0.2%) dan Taipei - Taiex (-0.8%).

(DaruWibisono)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search