Pasar Ekuitas Eropa Berakhir Rendah Karena Kejatuhan Harga Minyak Dan Tambang

Pasar Ekuitas Eropa Berakhir Rendah Karena Kejatuhan Harga Minyak Dan Tambang

Rabu, 16 Maret 2016 00:40:36 WIB

Monexnews - Pasar saham Eropa berakhir di wilayah negatif pada hari Selasa, dibalik kejatuhan tajam di dalam sektor pertambangan dan harga minyak.

Indeks DAX 30 Jerman turun 0.56% menjadi 9,933.85, indeks CAC 40 Perancis turun 0.75% menjadi 4,472.63, indeks FTSE MIB Italia turun 1.1% di 17,765.37 dan indeks IBEX 35 Spanyol merosot 1.7% menjadi 8,988.30.

Saham perusahaan produsen sumber daya alam menjadi sektor terburuk pada hari Selasa, karena earnings yang lemah dan kejatuhan harga logam yang membebani sektor tersebut. Saham perusahaan tambang yang terdaftar di London yaitu Antofagasta tergelincir sebanyak 10% sebelum ditutup dengan turun 4.5%. Sebelumnya, perusahaan melaporkan laba setahun penuh sebelum pajak di tahun 2015 turun 82.9% menjadi $259.4 juta. Perusahaan juga membatalkan pemberian dividen terakhirnya.

Saham perusahaan tambang lainnya, seperti Glencore, Rio Tinto dan BHP Biliton, juga menjadi yang terburuk di sektor tersebut. Saham Anglo American ditutup di dekat level terbawahnya, turun hampir 11%.

Harga minyak yang melanjutkan pelemahan pada hari Selasa juga membebani pasar ekuitas Eropa, karena para pelaku pasar mengutip dari teknikal resisten setelah harga bergerak di atas $40 per barel dan khawatir ketika cadangan minyak mentah AS terus naik meskipun produksi turun.

Saham-saham perusahaan minyak kembali berada di bawah tekanan, dengan saham Tullow Oil ditutul turun lebih dari 11%, sementara itu saham Seadrill, Total dan Subsea 7, semuanya juga berakhir turun tajam.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search