Pelemahan Yen Berkah Bagi Eksportir Nikkei

Pelemahan Yen Berkah Bagi Eksportir Nikkei

Senin, 02 Juni 2014 10:42:03 WIB

Monexnews -

Mengawali pekan ini, indeks utama Nikkei Jepang rebound hingga 1.8% terutama berkat pelemahan nilai tukar yen serta rilis data ekonomi domestik yang apik sehingga memacu minat investor untuk memborong saham di lantai bursa.

Saham sektor eksportir terlihat banyak diminati oleh para investor setelah nilai kurs yen tercatat melemah hingga 102.08 versus dollar AS di pasar uang Tokyo pada sesi pagi di hari Senin (2/6). Setidaknya eksportir otomotif seperti saham Honda (+1.2%), Mazda (+1.6%) dan saham Mitsubishi Motors (+1.5%) termasuk saham Toyota Motor (+0.6%).

Sedangkan saham Sony melonjak 2.5%, saham Toshiba dan Sumitomo Electric masing-masing rally 2.6%. Selain itu, saham Murata Manufacturing melejit 4.5%, dan saham TDK melesat 2.3%. Optimisme investor kian bertambah setelah pemerintah merilis data ekonomi yang muncul menggembirakan.

Data yang rilis pagi ini menunjukkan kalangan pengusaham Jepang telah menaikkan belanja modal mereka (capital expenditure) hingga 7.4% pada triwulan pertama tahun ini berbasis annual, dibanding periode sebelumnya di angka 4%. Sementara akktivitas manufaktur PMI Jepang pada bulan Mei tercatat naik menjadi 49.9 dari bulan sebelumnya pada level 49.4. Indeks utama Nikkei (N225) tercatat rally hingga +1.79% atau meraup gain hingga +262.42 pada kisaran 14894.80. Sepanjang sepekan lalu, indeks telah menguat 1.2%, dan telah rally 2.3% sepanjang bulan Mei, sekaligus mencatat gain bulanan untuk kali pertama dalam 5 bulan terakhir. (dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search