Pengetatan China Hantam Properti Hang Seng

Pengetatan China Hantam Properti Hang Seng

Senin, 04 Maret 2013 13:00:24 WIB

Monexnews - Indeks bursa Hong Kong Hang Seng mengalami koreksi cukup tajam di perdagangan awal pekan (4/3) terutama akibat kekhawatiran terhadap pengetatan China sehingga menggerus sektor properti menjelang pertemuan parlemen tahunan negara.

Kecemasan pasar tersebut sebelumnya telah bercampur dengan lemahnya sentimen yang telah terguncang oleh suramnya prospek pertumbuhan global. Saham-saham China hari ini mendapat pukulan setelah Beijing di hari Jumat lalu menyebutkan akan menaikkan tarif down payments (pembayaran dimuka) dan menaikkan tingkat pinjaman bagi para pembeli rumah tangan ke dua (second homes) di sejumlah kota di China yang harganya telah naik drastis. Data ekonomi dari China juga menunjukkan pertumbuhan sektor jasa (non manufaktur) PMI masih bertumbuhan di bulan Februari namun pada laju paling lambat dalam lima bulan terakhir. Sehingga memicu pandangan bahwa prospes pemulihan di China kembali bersifat modest (datar). Pertumbuhan pabrikan di China juga turut menyusut hingga ke level rendah dalam beberapa bulan terakhir di Februari. Saham Gemdale Corp. dan Poly Real Estate Group Co. bahkan anjlok hingga melampaui batasan penurunan 10% sehari di Shanghai. Selain itu, saham China Vanke Co. di Shenzhen merosot hingga 4.9%. Langkah kebijakan yang mencerminkan sinyal bahwa Beijing tidak akan mentoleransi lonjakan harga rumah, telah menyeret turun saham pengembang yang tercatat di Hong Kong seperti China Resources Land Ltd. dan China Overseas Land & Investment Ltd. yang tumbang masing-masing 5.5% dan 3.9%. Sementara saham yang terkait dengan konstruksi khususnya sektor semen dan logam dasar juga ikut terpukul di bursa China daratan dan di Hong Kong. Hingga sesi siang, indeks Hang Seng tercatat terkoreksi -1.51% atau melemah sebanyak -345.43 poin 22536.22. Sedangkan Hang Seng di bursa berjangka nampak ikut melemah hingga -420 poin di area kisaran 22433.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search