Penguatan Yen & Keputusan BOJ Bebani Nikkei

Penguatan Yen & Keputusan BOJ Bebani Nikkei

Rabu, 21 Januari 2015 13:02:09 WIB

Monexnews - Bursa saham Jepang melemah seiring yen rebound pasca Bank of Japan mempertahankan kebijakan moneter menjelang pertemuan European Central Bank. Penguatan mata uang, ditambah dengan pengumuman BOJ, menekan indeks Nikkei 225 Jepang pada hari Rabu untuk melemah sebesar 0.8%. Bank of Japan (BOJ) mempertahankan stimulus moneternya dan memperpanjang program pinjaman yang bertujuan untuk memicu bank-bank untuk menaikkan tingkat pinjaman, mensinyalkan tekadnya untuk mencapai target inflasinya yang ambisius pada level 2%. Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda akan menggelar konferensi pers di tengah hari nanti untuk menjelaskan keputusan kebijakan tersebut.

Yen yang menguat sebanyak 0.8% terhadap dollar AS, dengan dollar-yen diperdagangkan di bawah level 118, menyeret saham eksportir turun. Saham Panasonic memimpin penurunan dengan anjlok sebanyak 3.1%, sementara Sharp dan Suzuki Motor masing-masing turun lebih dari 2%. Saham Dai-ichi Life Insurance Co. anjlok sebanyak 3.8% memimpin penurunan pada sektor asuransi. Saham milik Fujikura Ltd. melemah sebanyak 4.3% setelah melaporkan bahwa laba operasional produsen kabel tersebut kemungkinan akan turun sebanyak 40%. Saham Toyota Motor melemah sebanyak 1.3% pasca laporan turunnya tingkat penjualan kendaraan tahun ini. Saham milik Konami Corp. naik sebanyak 6.9% setelah Goldman Sachs Group Inc. menaikkan rating saham produsen game tersebut.
Pengumuman kebijakan BOJ menambah deras aksi profit taking, yang mana sudah dilakukan investor pasca kenaikan tajam kemarin, ucap Hiroaki Hiwada, strategis pada Toyo Securities Co. di Tokyo. Sulit untuk mengambil posisi secara agresif menjelang pertemuan ECB.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search