PetroChina Lesatkan Sektor Energi Hang Seng

PetroChina Lesatkan Sektor Energi Hang Seng

Kamis, 22 Mei 2014 12:09:46 WIB

Monexnews -

Hingga sesi rehat siang, indeks utama Hang Seng terpantau masih menguat lantaran minat beli investor juga terdeteksi di sektor energi setelah produsen minyak dan gas terbesar yaitu PetroChina Co menandatangani kesepakatan dengan Rusia untuk memasok gas alam ke negeri China.

China National Petroleum Corp (CNPC), perusahaan induk milik negara dari PetroChina, dan OAO Gazprom Rusia (OGZD) kemarin menandatangani perjanjian di Shanghai untuk memasok 38 miliar meter kubik gas per tahun selama jangka 30 tahun kedepan, dengan nilai kesepakatan hingga $ 400 milyar.

Saat ini PetroChina tengah mengoperasikan sebagian besar pipa, penyulingan dan bisnis pemasaran milik CNPC. Kabar besar ini turut membuat saham-saham berbasis energi lainnya menjadi banyak diminati oleh kalangan investor. Minat beli kian bertambah setelah China merilis data aktivitas manufaktur PMI yang apik oleh institusi HSBC.

Tercatat saham China Gas Holdings Ltd melejit hingga 6 persen dan saham China Resources Gas melesat 4.7%. Sementara saham PetroChina sendiri meraup gain hingga 0.9%.

Sedangkan indeks utama Hang Seng tercatat menguat +0.74% atau meriah gain +168.75 poin pada kisaran 23005.27. dan indeks hang Seng fut juga rally +0.82% atau melesat sebanyak +188 poin pada kisaran area 22982. (dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search