Rally Asia Berkat Sinyal Ekonomi Yang Menjanjikan

Rally Asia Berkat Sinyal Ekonomi Yang Menjanjikan

Selasa, 10 Juni 2014 17:33:29 WIB

Monexnews -

Pasar Asia secara umum menguat di perdagangan hari Selasa (10/6) berkat optimisme terhadap prospek pertumbuhan ekonomi dunia serta termotivasi oleh bursa saham Wall Street yang terus mencetak rekor sehingga memacu minat terhadap aset-aset berisiko secara global. Sedangkan data inflasi China yang apik juga ikut menopang investor.

Sentimen investor kian positif setelah hari ini pemerintah China merilis data inflasi harga konsumen yang meningkat pada laju tercepat dalam 4 bulan terakhir di bulan Mei. Data CPI China y/y mengalami kenaikkan 2.5% di bulan Mei dari tahun sebelumnya 1.8%. Sedangkan inflasi harga konsumen untuk month to month (CPI m/m) tercatat 0.1% di bulan Mei dari bulan sebelumnya (-0.3%). Hasil angka tersebut terbilang cukup baik karena masih berada di dalam zona nyaman pemerintah. Sehingga hal itu memberikan ruang bagi pemerintah untuk memulai langkah-langkah stimulus baru yang diperlukan demi mendukung perekonomian. Namun, pasar Nikkei hari ini tergerus ke level rendah dalam sepekan terakhir dan ditutup melemah (-0.85%) akibat aksi ambil untung oleh investor terutama terkait penguatan yen. Sedangkan saham Mitsubishi UFJ Financial Group rally setelah mendapat upgrade dari perusahaan broker domestik. Sementara bursa saham Korea Selatan mencatat gain harian terbesarnya dalam 4 pekan terakhir terbantu oleh besarnya capital inflows dari luar negeri akibat terus menerusnya minat beli investor asing terhadap saham lokal. Indeks KOSPI akhirnya ditutup naik +1.09%, sekaligus mencatat kenaikkan harian terbesarnya sejak 14 Mei silam. Sementara rally indeks Hang Seng terangkat oleh dibukanya kembali penawaran saham perdana ke publik (IPO) di negara China setelah tertunda selama 4 bulan. Perusahaan broker secara umum hari ini menguat sehingga mengangkat indeks terutama setelah saham Sinolink Securities melejit lebih dari 7% ke level tertinggi dalam 8 pekan. Indeks utama Hang Seng akhirnya di tutup naik +0.86%. (dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search