Rally Asia Terkikis Isu Italia & Anggaran AS

Rally Asia Terkikis Isu Italia & Anggaran AS

Rabu, 27 Februari 2013 13:51:06 WIB

Monexnews - Secara umum bursa Asia bergerak di kisaran positif pada perdagangan hari Rabu (27/2) terutama karena termotivasi oleh momentum rally Wall Street semalam berkat data-data ekonomi yang baik serta pernyataan pimpinan Federal Reserve AS - Ben Bernanke yang bernada positif.

Rilis sejumlah data ekonomi AS pada Selasa kemarin telah mencerminkan prospek pertumbuhan yang positif. Data new home sales (penjualan rumah baru) melonjak 15.6% dari bulan sebelumnya -3.8%. Dan merupakan level tertinggi dalam 4 tahun terakhir hingga bulan Januari lalu. Sementara consumer confidence AS (tingkat kepercayaan konsumen) melejit melebihi perkiraan pada 69.6 di bulan Februari dari sebelumnya 58.6. Padahal kalangan analis dan pelaku pasar semula memperkirakan bakal ada lonjakan ke angka 61. Pasar secara umum hari ini juga menyambut pidato Bernanke di hadapan Konggres pada Selasa kemarin. Komentar beliau yang kembali akomodatif telah menyurutkan kekhawatiran terhadap penarikan stimulus moneter lebih awal di AS serta memberikan harapan bahwa kemudahan pembiayaan yang tersedia untuk pasar negara berkembang, masih akan kembali berada di tempatnya. Namun demikian sentimen pasar secara keseluruhan masih nampak lemah seiring munculnya kekhawatiran terhadap kebuntuan politik di Italia pasca pemilu yang tidak meyakinkan. Sehingga hal itu memicu kembali kekhawatiran krisis keuangan zona euro dan menyebabkan pasar saham global berjatuhan. Sementara kecemasan terhadap pemangkasan anggaran belanja Amerika senilai $85 miliar yang sedianya akan berlaku Jumat mendatang turut menggoyahkan sentimen, kecuali para pembuat kebijakan dapat mencapai kesepakatan dalam negosiasi anggaran tersebut. Indeks Nikkei Jepang merupakan satu-satunya indeks di Asia yang terkoreksi akibat terimbas sentimen negatif tersebut. Nikkei akhirnya ditutup terpuruk hingga -144.84 poin ke kisaran 11253.97 terutama akibat penguatan Yen hari ini yang mencapai 91.61. Ketidakpastian politik pasca pemilu di Italia telah memicu perpindahan dana ke dalam mata uang Yen yang kini dipandang sebagai aset safe-haven Dan perpindahan tersebut telah membebani sejumlah eksportir utama Jepang seperti Canon, Komatsu dam Nissan Motor, dimana ketiganya anjlok lebih dari 1 persen.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search