Rally Saham Terkait Olimpiade Lesatkan Nikkei

Rally Saham Terkait Olimpiade Lesatkan Nikkei

Selasa, 10 September 2013 12:01:14 WIB

Monexnews - Lantai bursa Tokyo hari ini (Selasa, 10/9) nampak gegap gempita oleh euphoria Olimpiade setelah negara Jepang dinobatkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade musim panas tahun 2020 oleh International Olympics Committee pada hari Minggu lalu. Saham-saham dari perusahaan-perusahaan yang diperkirakan bakal diuntungkan dari penyelenggaraan Olimpiade 2020, terus memotivasi investor untuk membeli saham sektor terkait. Setidaknya saham lini konstruksi melanjutkan rally terkait ekspektasi bahwa acara tersebut akan menciptakan permintaan baru terhadap sektor tesebut. Tercatat saham Kajima Corp melonjak hingga 9,9%, dan Taisei Corp rebound hingga 12,3%. Operator department store seperti Isetan Mitsukoshi Holdings juga tercatat menguat 0,7%, setelah harian Nikkei melaporkan bahwa laba operasional kelompok usaha tersebut cenderung meningkat sekitar 30% untuk tahun fiskal 2013, dengan total sekitar 35 miliar ($ 350 juta), dan angka itu melampaui target perusahaan.

Rally Nikkei juga termotivasi oleh Wall Street yang mengawali perdagangan pekan ini dengan rebound setelah pasar menyambut positif kabar mengenai solusi penanganan non militer dari dunia internasional terhadap krisis di negeri Suriah. Sedangkan penguatan Wall Street sendiri terutama berkat rilis data-data ekonomi China yang memicu optimisme di kalangan pelaku pasar. Data ekonomi China yang rilis kemarin kian meneguhkan bahwa ekonomi China kini sudah dalam fase yang stabil.

Di lantai bursa, saham sektor infrastruktur turut melanjutkan rally dari sesi sebelumnya. Tercatat saham Taiheiyo Cement rebound hingga sekitar 9%. Saham Asahi Glass Co melesat 1,8%, dan Mitsubishi Estate Co sahamnya meningkat sekitar 0,9%.

Hingga sesi siang, indeks Nikkei (N225) tercatat rebound hingga 1.42% dan meraih gain sebanyak +202.15 poin pada area 14407.53 setelah melejit hingga 14422.36. Sedangkan indeks Nikkei futures juga ikut terdongkrak hingga +1.51% atau +215 poin pada kisaran 14410.

(Daru Wibisono)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search