Rapat Komite Sentral China Potensial Memacu Eforia Market

Rapat Komite Sentral China Potensial Memacu Eforia Market

Selasa, 12 November 2013 16:00:33 WIB

Monexnews -

Hasil rapat Komite Sentral Partai Komunis Cina dilaporkan membahas sejumlah agenda reformasi untuk mendongkrak laju ekonomi antara lain pembukaan kesempatan yang lebih besar bagi perusahaan swasta, liberalisasi sektor finansial, dan mempermudah urbanisasi bagi warga pedesaan Cina, demikian menurut sejumlah pegawai dan media pemerintah.

Agenda pertemuan yang bernama resmi Plenum ketiga Komite Sentral ke-18 ini ditujukan merguna merestukturisasi ekonomi dengan tujuan utama reformasi adalah menjadikan perusahaan pemerintah lebih kompetitif. Ketua Partai Komunis dan Presiden Cina Xi Jinping pernah mengatakan ekonomi seharusnya lebih tergantung pada konsumsi dan inovasi. Cina juga perlu menghindari kejatuhan yang banyak diderita negara dengan pertumbuhan ekonomi pesat saat sumber pertumbuhan yang dulu dapat diandalkan mulai stagnan.

Dalam 3 dekade terakhir, China telah menjelma sebagai negara ekonomi terbesar kedua dunia sehingga laju pertumbuhan ekonomi negara tersebut secara otomatif dari menimbulkan dampak pada berbagai negara belahan dunia lainnya. Meski plenum ketiga China ini diekspektasikan tidak berdampak langsung di mata uang untuk jangka pendek, namun eforia hasil rapat tersebut dan janji yang dihasilkan dari rapat ini berpotensi untuk memacu sentimen positif serta eforia para pelaku pasar.

Indeks

saham Shanghai telah melejit 0.45% hari Selasa, sentimen positif juga tampak menular ke indeks saham Nikkei yang mengalami rebound dari titik terendah 1-bulan. Sementara indeks saham Hang Seng bergerak sideways sembari menunggu rilis detail kebijakan hasil rapat plenum ketiga China tersebut.

(Sap)


(Sap)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search