Rebound Minyak Pulihkan Sentimen, Mayoritas Saham Asia Ditutup Hijau

Rebound Minyak Pulihkan Sentimen, Mayoritas Saham Asia Ditutup Hijau

Kamis, 18 Februari 2016 16:50:31 WIB

Monexnews - Sebagian besar saham Asia berakhir menguat pada hari Kamis seiring harapan pemangkasan output oleh para produsen utama menopang keberlanjutan rally harga minyak, sehingga mendongkrak sentimen risiko investor. Mood investor juga terdorong oleh minutes rapat FOMC bulan Januari yang menunjukkan bahwa pembuat kebijakan mulai mempertimbangkan perubahan rencana kenaikan suku bunga di tahun 2016.

Indeks Nikkei 225 melanjutkan pemulihan dari level terendah 16-bulan yang ditorehkan pekan lalu dengan naik 2,3%, seiring investor mengabaikan penurunan

ekspor terbesar sejak tahun 2009. Terlepas dari angka perdagangan Jepang yang mengecewakan, saham perusahaan-perusahaan perdagangan yang memasok segala kebutuhan dari mulai energi, biji-bijian dan tekstil justru bergerak positif. Saham 5 perusahaan perdagangan terbesar di Jepang, seperti Mitsubishi, Mitsui, Sumitomo, Itochu dan Marubeni ditutup naik antara 2,79% sampai 8,61%.

Pasar China mengakhiri sesi lebih rendah, dengan indeks Shanghai Composite tergelincir 0,1% pasca data menunjukkan

inflasi konsumen China tumbuh 1,8% pada bulan Januari, sedikit lebih lemah dibandingkan estimasi kenaikan 1,9%. Indeks Hang Seng di Hong Kong terapresiasi 2,3% berkat lonjakan saham energi. Sektor energi melonjak 4,3%, dengan saham perminyakan China yang listing di bursa Hong Kong seperti PetroChina, CNOOC dan Sinopec membukukan kenaikan tajam.

Sementara di Korea Selatan, indeks KOSPI mengakhiri perdagangan 1,3% lebih tinggi. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search