Redanya Pelemahan Yen Bebani Nikkei

Redanya Pelemahan Yen Bebani Nikkei

Selasa, 26 November 2013 07:17:04 WIB

Monexnews - Nikkei tergelincir setelah meredanya pelemahan yen mendorong investor untuk melakukan aksi profit-taking pasca rally belakangan. USD/JPY menyentuh 101.32 di awal sesi Asia; menjauhi level terlemah 6 bulan 101.90 yang ditorehkan kemarin. Nikkei rally kencang sejak akhir Oktober seiring merebaknya harapan akan membaiknya daya saing eksportir Jepang pasca pelemahan yen. Namun, dengan meredanya pelemahan yen maka investor sepertinya harus menyesuaikan kembali harapannya tersebut. Nikkei 225 turun 0,73% dan kini diperdagangkan di level 15504

Sementara itu, minutes pertemuan Bank of Japan menunjukan sebagian petinggi bank sentral melihat resiko penurunan aktivitas ekonomi dan tingkat harga. Ini dapat menjadi sinyal akan adanya pesimisme akan target inflasi BoJ 2% dalam 2 tahun mendatang. "Satu petinggi bank sentral utarakan tidak dapat diprediksi apakah perekonomian Jepang sedang berada di dalam jalur untuk mencapai target inflasi 2%," tulis minutes pertemuan BoJ 31 Oktober yang dirilis pagi ini.

Merebaknya resiko geo-politik di Asia juga memberikan sentimen negatif. AS dan Jepang kemarin memperingatkan Cina agar tidak bertindak lebih jauh setelah Beijing menyatakan kawasan pulau Senkaku sebagai zona pertahanan udara terbaru. Jepang dan Cina masih bersiteru atas pulau Senkaku dimana masing-masing negara mengklaim pulau tersebut sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya. Investor juga mewaspadai gejolak politik Thailand seiring merebaknya aksi demonstrasi yang menentang Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. (fr)


(fr)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search