Saham Emerging Market Diambang Krisis

Saham Emerging Market Diambang Krisis

Kamis, 13 Juni 2013 16:59:05 WIB

Monexnews -

Pasar negara berkembang seperti Indonesia pada awalnya menjanjikan peluang pangsa pasar yang positif khususnya bagi produsen kendaraan bermotor, dengan adanya peningkatan kekayaan masyarat maka produsen otomotif terbesar dunia serta brand terbaik global lainnya melihat peluang yang yang besar.

Namun tiba-tiba kondisi berbalik suram untuk per

ekonomian terbesar di Asia Tenggara dan negara lainnya di satu kawasan, Pasar saham di Asia jatuh tajam, indeks Nikkei Jepang turut anjlok ke level terendah 2-bulan dan indeks saham gabungan MSCI Asia di luar Jepang merosot ke level terendahnya sejak bulan November.

Mata uang regional turut terhantam, sehingga bank sentral Indonesia minggu ini menaikkan suku bunga untuk meredam volatilitas mata uang Rupiah. Patut diwaspadai situasi fundamental yang semakin memburuk dari fase ini, mengingat laju ekspor di seluruh kawasan Asia melorot dalam beberapa bulan terakhir, terpukul oleh lemahnya permintaan dari AS, Eropa dan Cina. Kejatuhan laju ekspor lebih lanjut dapat membahayakan ekonomi emerging market setelah dalam beberapa tahun terakhir menikmati booming investasi yang solid dan kredit yang longgar.

Obligasi pemerintah telah jatuh, diikuti kejatuhan corporate bond, sehingga pasar modal anjlok bersamaan dengan kejatuhan harga komoditas. Selanjutnya bagaimana ekonomi akan merespon situasi ini? Jika ekonomi berhasil bangkit, maka koreksi di pasar modal mungkin dapat dianggap hanya koreksi biasa dan diikuti dengan rebound, namun jika sebaliknya, maka pasar emerging market khususnya di Asia dihantui kenangan krisis keuangan 1997 yang dapat menghambat pertumbuhan regional. Apalagi melihat pasar saham negara maju seperti Nikkei yang semakin tidak stabil, maka kawasan Asia kemungkinan masih menghadapi tantangan yang terjal seiring hengkangnya arus hot money dari pasar negara berkembang.

(Sap)


(Sap)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search