Saham Eropa Melorot Ke Titik Rendah 2-Pekan

Saham Eropa Melorot Ke Titik Rendah 2-Pekan

Selasa, 15 Januari 2013 16:09:16 WIB

Monexnews -

Bursa saham Eropa melemah untuk empat sesi berturut-turut dan menyentuh level terendah 2-minggu nya di hari Selasa dipicu oleh kemerosotan saham sektor perbankan setelah komentar Menkeu AS, Timothy Geithner menimbilkan kecemasan default di akhir February.

Terpantau sejauh ini indeks FTSE London anjlok -0.20% di level 6,060.00 dan DAX Jerman turun -0.23% ke level 7,721.5 sementara CAC Prancis melemah tipis -0.05% diperdagangkan di level 3,709.0 sejauh ini.

Para pelaku pasar masih bersikap waspada setelah pidato Bernanke menunjukkan bahwa masih ada kecemasan kebijakan fiskal khususnya jika terjadi pemangkasan anggaran yang terlampau agresif yang dapat berdampak buruk pada perekonomian.

Selain itu kecemasan plafon utang AS turut membebani sentimen, setelah Menkeu AS, Timothy Geithner menyatakan bahwa di pertengahan February pemerintah AS kemungkinan akan kehabisan uang dan berisiko default.

Menambah dilemma tersebut, kongress AS menyatakan bahwa kenaikan plafon utang untuk menghindari default tidak akan diberikan oleh Kongress tanpa adanya inisiatif pemotongan anggaran belanja oleh White House.

Posisi market yang berada di tengah-tengah politik White House dan Kongress ini menyebabkan sentimen negatif dan memicu aksi hindar resiko / risk aversion. Tekanan jual di jangka pendek tampak pada beberapa indeks yang masih hendak menutup gap yang terbentuk di awal bulan ini. Uptrend kemungkinan baru bisa berlanjut setelah gap tersebut tertutup secara teknikal.

(Sap)


(Sap)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search