Santernya Isu Stimulus Lesatkan Bursa Shanghai

Santernya Isu Stimulus Lesatkan Bursa Shanghai

Senin, 29 September 2014 09:22:11 WIB

Monexnews -

Berbeda dengan bursa Hong Kong yang anjlok, pasar Shanghai - China hari ini (29/9) justru menguat berkat santernya rumor atas stimulus tambahan dari pemerintah pusat menyusul buruknya data-data ekonomi belakangan ini serta berkat kabar rencana penggantian pimpinan bank sentral China.

Menurut kabar yang mulai merebak sejak pekan lalu, Presiden China Xi Jinping dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk mengganti pimpinan bank sentral, sehingga hal itu memicu harapan atas kebijakan moneter yang lebih longgar di negeri dengan ekonomi terbesar ke-2 di dunia.

Bagi kalangan investor, perubahan kepemimpinan di tubuh bank sentral China (People's Bank of China) mengartikan bahwa kebijakan moneter longgar akan lebih agresif lagi untuk ke depan-nya dalam rangka membendung laju perlambatan pertumbuhan.

Sehingga di awal pekan ini, sentimen investor terlihat optimis bahwa pemerintah China kemungkinan akan menggelontorkan stimulus tambahan.

Di akhir pekan lalu, pemerintah China mengumumkan data industrial profits yang merosot hingga (-0.6%) di Agustus dari tahun lalu, dimana bulan sebelumnya data itu masih mencatat kenaikan 13,5%.

Merosotnya data tersebut menyusul lemahnya data di awal bulan September ini dimana angka produksi pabrik-pabrik di China tumbuh pada laju terlemah hampir dalam enam tahun terakhir di Agustus.

Sehingga rilis data tersebut turut mempertajam harapan bahwa perekonomian China memerlukan peningkatan langkah-langkah stimulus. Indeks utama Shanghai komposit China tercatat menguat +0.29% dan meraih gain hingga +6.73 poin pada kisaran 2354.45.
(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search