Sektor Energi Bebani Kinerja Bursa Eropa

Sektor Energi Bebani Kinerja Bursa Eropa

Kamis, 29 Januari 2015 16:24:03 WIB

Monexnews - Bursa saham Eropa melemah, terbebani oleh kejatuhan sektor energi seiring harga minyak berkutat dekat level rendah 5 tahun. Harga minyak nymex kini diperdagangkan di level $44.50 dan ini membuat investor khawatir dengan outlook pendapatan perusahaan energi dan industri terkait lainnya.

Dari sektor korporasi, saham Royal Dutch Shell anjlok 3,3% setelah perusahaan minyak terkemuka Eropa tersebut melaporkan kinerja laba yang cemerlang. Saham Vallourec terpuruk 7% setelah produsen pipa baja tersebut umumkan penghapus-bukuan 1,2 miliar euro akibat berkurangnya belanja korporasi pasca tajamnya kejatuhan harga minyak. Nokia melemah 4,1% setelah memprediksi penurunan laba pada kuartal pertama. Namun, Deutsche Bank menguat 1% setelah bank Jerman tersebut melaporkan kenaikan laba seiring turunnya alokasi biaya untuk denda dan penyelesaian hukum.

Sentimen cukup negatif dengan investor yang juga khawatir dengan resiko Yunani, tambahan sanksi untuk Rusia, dan prospek kenaikan suku bunga Fed. Di lain pihak, serangkaian data Eropa yang dirilis sore ini menunjukan masih rapuhnya kondisi perekonomian zona-euro. Klaim pengangguran Jerman hanya berkurang sebanyak 9.000 orang di Desember; tidak sebaik publikasi November yang berkurang 25.000. Tingkat penyaluran kredit di zona-euro juga masih mengalami penurunan dengan mencatatkan penurunan 0,5% di bulan terakhir 2014. Indeks DAX

Jerman dan CAC Perancis masing-masing turun 0,84% dan 0,64% sedangkan FTSE Inggris melemah 0,97%. (fr)


(fr)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search